Breaking News:

Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap Terbakar, Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

Kilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah dikabarkan terbakar

ISTIMEWA
Kebakaran yang terjadi di Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah dikabarkan terbakar pada, Jumat (11/6/2021) malam sekira pukul 20.00 WIB. 

TRIBUNCIREBON.COM - Kilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah dikabarkan terbakar pada, Jumat (11/6/2021) malam sekira pukul 20.00 WIB. 

"Kita masih menunggu koordinasi dari pihak Pertamina.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran di dalam area kilang tersebut," ujar Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap Supriyadi, kepada Tribunbanyumas.com, melalui pesan singkat Jumat (11/6/2021). 

Kebakaran yang terjadi di Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah dikabarkan terbakar pada, Jumat (11/6/2021) malam sekira pukul 20.00 WIB. 
Kebakaran yang terjadi di Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah dikabarkan terbakar pada, Jumat (11/6/2021) malam sekira pukul 20.00 WIB.  (ISTIMEWA)

"Iya benar kebakaran sementara masih dan menunggu petunjuk pimpinan dan info dari Pertamina," imbuhnya. 

Sampai berita ini dibuat belum ada informasi resmi dari pihak Pertamina RU IV Cilacap.

Dalam siaran pers yang diterima wartawan, Hatim Ilwan, Area Manager Communication, Relations, & CSR
RU IV Cilacap - Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, mengatakan, setelah melakukan upaya maksimal, Pertamina berhasil mengendalikan kebakaran yang terjadi pada salah satu tangki yang berisi benzene.

Saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman sisa api di area bundwall. Upaya pendinginan juga masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali.

Menurut Hatim, kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 (11/06) dan penyebab kebakaran masih belum diketahui.

Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved