Breaking News:

27 Warga Cidadap Bandung Barat Positif Covid-19, Pasien Serentak Alami Batuk dan Flu

27 warga Kampung Cidadap, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkonfirmasi positif Covid-19.

IRNA
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM BANDUNG BARAT - Sebanyak 27 warga Kampung Cidadap, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 KBB, Agus Ganjar Hidayat mengatakan, adanya klaster di kampung ini bermula dari adanya warga yang meninggal dunia, kemudian dilayat oleh saudara-saudaranya dari luar kota seperti Jakarta dan Bogor.

"Selang beberapa hari, muncul keluhan serentak dari warga mengalami batuk dan flu. Total 42 warga mengalami keluhan tersebut. Namun setelah dites, hanya 27 orang yang positif Covid-19," ujarnya di Perkantoran Pemda KBB, Jumat (11/6/2021).

Setelah itu, kata Agus, pihak Puskesmas langsung berkoordinasi dengan kecamatan dan desa.

Kemudian, pihak kecamatan dan desa akhirnya melakukan isolasi wilayah di RW untuk mencegah penyebaran yang lebih banyak lagi.

Sementara, untuk memastikan kondisinya warga yang positif Covid-19, rencana mereka akan dilakukan swab antigen ulang pada Rabu 16 Juni 2021 mendatang.

"Sasarannya 27 warga yang positif beserta kontak eratnya," kata Agus.

Hingga Kamis 10 Juni 2021, total konfirmasi Covid -19 di KBB ada 8.191 kasus. Dari jumlah itu total positif aktif ada 703 kasus dengan tingkat kesembuhan mencapai 7.378 orang, serta total warga meninggal dunia 110 orang.

"Sebaran kasus Covid-19 tertinggi ada di 3 Kecamatan. Yaitu Lembang sebanyak 190 kasus, Padalarang 133 kasus, dan Parongpong 97 kasus," ucapnya.

Untuk sebaran paling rendah, kata dia, ada di 3 kecamatan yaitu  Saguling 6 orang, Gununghalu 7, dan Sindangkerta 9 orang.

"Berdasarkan zonasi di 165 desa. Terdapat 66 desa masuk zona hijau, 97 desa zona kuning, dan 2 zona orange di Desa Jayagiri Kecamatan Lembang dan Desa Langensari," kata Agus.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved