Breaking News:

PEMBELAAN Habib Rizieq Shihab: Kasus Korupsi Djoko Tjandra dan Jaksa Pinangki Saja Dituntut 4 Tahun

Dalam pembacaan nota pembelaan atau pledoi, terdakwa Habib Rizieq Shihab membandingkan tuntutan dari jaksa terhadap kasusnya dengan kasus lain.

Editor: dedy herdiana
Tribunnews
Habib Rizieq Shihab: PEMBELAAN Habib Rizieq Shihab: Kasus Korupsi Djoko Tjandra dan Jaksa Pinangki Saja Dituntut 4 Tahun 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Dalam pembacaan nota pembelaan, atau pledoi, terdakwa Habib Rizieq Shihab membandingkan tuntutan dari jaksa terhadap kasusnya dengan kasus lain.

Habib Rizieq membacakan pledoi dalam sidang yang berlangsung di ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, pada hari ini, Kamis (10/6/2021), 

Ini merupakan sidang nota pembelaan atas kasus tes usap di RS Ummi Bogor. 

Habib Rizieq pun membandungkan dengan tuntutan kasus red notice koruptor Djoko Tjandra.

Baca juga: Habib Rizieq Shihab Hari Ini Sampaikan Pledoi Kasus RS Ummi Setelah Dituntut 6 Tahun Penjara

Baca juga: Habib Rizieq Dituntut Hukuman 6 Tahun Penjara, Sebelumnya Dihukum Denda Rp 20 Juta & 8 Bulan Penjara

Rizieq menilai, jaksa penuntut umum (JPU) menjadikan kasus pelanggaran protokol kesehatannya di RS Ummi jauh lebih jahat dan berat dibandingkan kasus korupsi.

"Bahwa dalam kasus korupsi Djoko Tjandra, ternyata Djoko Tjandra dan Jaksa Pinangki masing-masing hanya dituntut empat tahun penjara," kata Rizieq.

Sementara itu, mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Napoleon Bonaparte, lanjut Rizieq, hanya dituntut tiga tahun penjara terkait kasus red notice Djoko Tjandra.

"Dan Brigjen Prasetijo lebih ringan lagi hanya, dituntut 2,5 tahun penjara," tutur Rizieq.

Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu juga membandingkan tuntutan jaksa terkait kasus yang menjerat mantan bos Garuda Indonesia Ary Askhara.

Ari hanya dituntut satu tahun penjara.

"Bahwa dalam konferensi pers online Indonesian Corruption Watch (ICW) pada 19 April 2020, dipaparkan data yang menunjukkan bahwa sepanjang 2019, dari 911 terdakwa korupsi, 604 orang dituntut di bawah empat tahun penjara," kata Rizieq.

Baca juga: Mantan Menteri KKP Edhy Prabowo Pernah Minta Pedangdut Ini Menemuinya, Terima Dana Rp 66 Juta

Adapun jaksa menuntut Rizieq Shihab dengan hukuman enam tahun penjara dalam kasus tes usap di RS Ummi.

Tuntutan itu dibacakan JPU dari ruang sidang utama PN Jakarta Timur, Kamis pekan lalu.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Muhammad Rizieq bin Husein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq selama enam tahun penjara," kata jaksa.

Hukuman itu dipotong masa tahanan yang telah dijalani Rizieq selama proses hukum berjalan. Rizieq diyakini bersalah dan melanggar dakwaan primer, yakni Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bacakan Pleidoi, Rizieq Bandingkan Tuntutan Jaksa Terhadapnya yang Lebih Berat daripada Djoko Tjandra", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/06/10/11062681/bacakan-pleidoi-rizieq-bandingkan-tuntutan-jaksa-terhadapnya-yang-lebih.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved