Breaking News:

DPD PAN Kuningan

PAN Kuningan Diguncang Pengunduran Diri Sekretaris, Beredar Surat di Saat Rakor, Ini Kata Ketua DPD 

Beredar foto surat pernyataan mengundurkan diri dari Sekretaris DPD PAN Kuningan periode 2020-2025, Raka Maulana Wijaya

Istimewa
Beredar foto surat pernyataan mengundurkan diri dari Sekretaris DPD PAN Kuningan periode 2020-2025, Raka Maulana Wijaya. Foto surat itu beredar saat rapat koordinasi PAN di RM Lembah Ciremai, Jalan Cirebon-Kuningan, Kamis (10/6/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Beredar foto surat pernyataan mengundurkan diri dari Sekretaris DPD PAN Kuningan periode 2020-2025, Raka Maulana Wijaya. Foto surat itu beredar saat rapat koordinasi PAN di RM Lembah Ciremai, Jalan Cirebon-Kuningan, Kamis (10/6/2021).

Namun sosok Raka tak terlihat menghadiri acara partai tersebut.

“Adanya surat pernyataan mengundurkan diri dalam posisi dan jabatan sekretaris PAN itu benar, dan sekarang kami telah mengajukan resufhlle untuk struktural di partai,” ungkap Ketua DPD PAN Kuningan, H Uba Subari disela kegaiatan rapat kordinasi partai, di RM lembah Ciremai, Jalan Cirebon – Kuningan, Kamis (10/6/2021).

Menurut Uba, mundurnya Sekretaris tersebut tidak akan mengubah tatanan dan kekuatan partai untuk mendapat kepercayaan dalam melayani lapisan masyarakat.

Baca juga: Muncul Partai Ummat, Ini Kata Ketua DPD PAN Kuningan 2015-2020 Udin Kusnedi

Baca juga: Partai Ummat di Kabupaten Indramayu Masih Jadi Tanda Tanya, Ini Kata Ketua DPD PAN Indramayu

Baca juga: Uba Subari Mantan Ketua BazNas Resmi Jadi Ketua DPD PAN Kuningan Keputusan Dibacakan Zulkifli Hasan

Pasalnya, sejak beredar surat tersebut itu sudah dilakukan penyusunan ulang untuk mengganti Sekretaris DPD Kuningan mendatang.

“Adanya pengunduran diri yang dilakukan saudaraku, Raka itu tidak akan mengubah tatanan partai. Selain itu, kami sudah mengusulkan dua nama untuk menggantikan posisi sekretaris,” katanya.

Pengusulan kedua kader, kata Uba sekaligus mantan Ketua Baznas Kuningan ini, karena mereka dinilai pantas untuk menggantikan dan menduduki posisi tersebut.

“Dua nama yang kami ajukan itu, ada Ade Jafar Sidiq dan Bambang Lugina Marhaen. Kedua ini tokoh partai militan,” ujarnya.

Menyinggung soal mundurnya Sekretaris DPD PAN Kuningan ini, kata H Uba mengaku sebelumnya sempat dilakukan musyawarah terlebih dahulu. Terlebih orang tua dari sosok sekretaris DPD PAN ini merupakan tokoh politik yang sekarang menjabat sebagai Ketua Partai Ummat Kuningan.

“Ya, alasan lain bagi saudaraku Raka mundur itu sebelumnya, kami berembuk dahulu dan memberikan kesempatan terhadap orang tuanya dan sekretaris

Jadi begini, orang tua Raka itu Ketua Partai Ummat dan Raka sendiri sekretaris DPD PAN, pada waktu itu diberikan pemilihan kepada keduanya, apakah Pak Maman yang mesti mundur dari Ketua Partai atau Raka? 
Hasil dari kesepakatan tersebut, akhirnya muncul bahwa sosok Sekretaris DPD PAN ini mundur dari jabatan,” ujarnya.

Terlepas dengan permasalahan tadi, kata Uba menyakini bahwa pelaksanaan roda partai tetap berjalan. Hal itu menyusul dengan kegiatan saat ini, yakni melaksanakan rapat kordinasi untuk melangsungkan kegiatan Muscab di masing – masing Kecamatan.

“Meski ada permasalahan dalam perubahan nama di struktural partai, kegiatan partai tetap berjalan dan sesuai dengan arahan DPW PAN Jabar. DPD PAN Kuningan dalam waktu harus selesai melakukan Muscab untuk kepengurusan di Kecamatan hingga ranting,” ujarnya. 

Siap Mundur

Ketua DPD PAN Kuningan 2020-2025, H Uba Subari menyatakan siap mundur dari posisi sebagai orang nomor satu di PAN.
“Untuk saya pribadi, ketika tidak bisa menjaga amanah dalam memimpin partai ini, jelas akan mundur dan menyerahkan posisi jabatan ketua,”ungkap Uba Subari yang juga Mantan Ketua Baznas dan Ketua Gapensi Kuningan saat memberikan keterangan awak media, di sela kegiatan partai di RM lembah Ciremai, Kamis (10/6/2021).
Mundur dari jabatan ketua partai, kUba menyakini bahwa dalam pelaksanaan kerja partai tidak sungguh – sungguh, apalagi tidak ada dukungan dari kader PAN sendiri.
“Jadi begini, pernyataan saya siap mundur ini jika terjadi kemorosotan jumlah kursi di dewan. Sebab salah satu tolak ukur ketua partai itu dilihat dari jumlah kursi di parlemen,” kata Uba lagi.
Ketua DPD PAN Kuningan Haji Uba Subari
Ketua DPD PAN Kuningan Haji Uba Subari (Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai)
Menyinggung munculnya Partai Ummat di Kuningan, Uba mengaku bahwa kehadairannya tidak menyurutkan semangat dalam membesarkan partai di sejumlah momen politik.
“Adanya Partai Ummat, ini dijadikan motivasi bagi kami dalam membesarkan partai. Kemudian kami yakin PAN di Kuningan akan mengalami perubahan dan penambahan jumlah kursi di DPRD Kuningan,” ungkapnya. 
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved