Breaking News:

Anggota Asosiasi Pengusaha Konstruksi Sebut Iklim Usaha di Majalengka Tak Lagi Sehat

Iklim usaha di kota angin ini dalam beberapa tahun terakhir dinilai banyak ditandai oleh terjadinya persaingan tidak sehat

Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Kantor BKPSDM Pemkab Majalengka 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Anggota Asosiasi Jasa Konstruksi di Majalengka mengeluhkan iklim usaha yang dianggap kurang sehat.

Iklim usaha di kota angin ini dalam beberapa tahun terakhir dinilai banyak ditandai oleh terjadinya persaingan tidak sehat, di antaranya dalam lelang tender pekerjaan.

Salah satu anggota Asosiasi Jasa Kontruksi di Kabupaten Majalengka, Enther Nizar mengungkapkan, iklim usaha yang kurang kondusif indikasinya terlihat cukup jelas.

Ia menyebutkan ada sejumlah tender proyek paket pekerjaan di lingkungan dinas.

“Ada indikasi yang mengarah kurang sehatnya iklim usaha terutama di jasa kontruksi di Kabupaten Majalengka dalam tiga tahun terakhir, misalnya dalam tender-tender paket projek pemerintah,” ujar Enther kepada Tribun, Kamis (10/6/2021).

Menurut Enther, yang juga Ketua salah satu Ormas di Majalengka ini, cukup sering muncul alasan yang merugikan pengusaha tertentu dan menguntungkan pengusaha lainnya.

Sehingga banyak penyedia jasa kontruksi enggan dan malas untuk mengikuti tender projek tertentu meski memiliki persyaratan untuk mengikuti lelang, karena diduga sebelumnya sudah ada pengkondisian.

”Pemenangnya terkadang sudah dikondisikan, jadi untuk apa bertarung dilelang bila hasilnya sudah diprediksi,” ucapnya.

Ketika terjadi kejanggalan atau bercampur pada nilai-nilai politis, lanjutnya, tentu akan menjadi preseden buruk bagi dunia konstruksi dan menggugurkan nilai-nilai profesionalisme yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan yang bergabung asosiasi konstruksi.

Baca juga: Anggota KKB Papua Menembaki TNI Polri yang Berpatroli, Akhirnya Tertembak Saat Sembunyi di Honai

Halaman
12
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved