Breaking News:

Gempa Bumi

Warga Sukabumi Rasakan Kuat Getaran Gempa Berkekuatan Magnitudo 4.8 Dini Hari Tadi

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.8 mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, pukul 01.18 WIB, Minggu (6/6/2021) dini hari.

Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
Gempa susulan berkekuatan M 2.3 terjadi pukul 13:27:53 WIB, membuat rumah warga milik Tedi di daerah Gunung Manglayang atau sekitaran Gunung Goong, Desa Cipurut, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, retak-retak. 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id M Rizal Jalaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.8 mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, pukul 01.18 WIB, Minggu (6/6/2021) dini hari.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan episenter terletak pada koordinat 7.96 LS dan 107.03 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 116 km Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 17 kilometer.  

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di laut pada bagian dalam dari Lempeng Eurasia," kata Teguh via pesan singkat, Minggu (6/6/2021) pagi.

Baca juga: Gempa Berturut-turut Guncang Cianjur dan Sukabumi Secara Bergantian, Warga Rasakan Getaran Kuat

Menurutnya, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Ranca Buaya, Sindang Barang, Cipamingkis.

Selain itu di Cikatomas, Pameungpeuk, Banjar, Pangalengan dan Karanganyar dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. 

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," katanya.

"Hingga pukul 02:14 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelasnya.

Baca juga: Gula Darah dan Kolesterol Dijamin Turun Drastis Coba Konsumsi Kacang Hijau Secara Rutin

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved