Breaking News:

Keberangkatan Jemaah Haji 2021 Resmi Dibatalkan, Keselamatan Menjadi Pertimbangan Utama

Pertimbangan masalah keselamatan jiwa jemaah haji karena kondisi pandemi Covid-19 menjadi pertimbangan utama pembatalan pelaksanaan ibadah haji Indone

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
(Sky News)
Di tengah pandemi corona yang melanda dunia, pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi tetap berlangsung mengikuti protokol kesehatan. 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi membatalkan keberangkatan jemaah calon haji Indonesia 2021. Pembatalan ini dilakukan dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Pertimbangan masalah keselamatan jiwa jemaah haji karena kondisi pandemi Covid-19 menjadi pertimbangan utama pembatalan pelaksanaan ibadah haji Indonesia.

Menteri Agama mengatakan, kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk memberangkatkan jemaah haji.

Selain itu, Pemerintah Arab Saudi belum memberikan izin untuk jemaah Indonesia masuk ke Arab Saudi.

"Keselamatan jemaah merupakan salah satu bagian dari syariat. Sehingga pemerintah memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah tahun ini," kata Yaqut dalam konferensi pers yang juga disiarkan KompasTV.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengusulkan agar pemberangkatan haji ditunda pada tahun ini.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menuturkan, hal tersebut perlu dilakukan karena hingga kini pandemi Covid-19 masih berisiko terhadap penyelenggaraan haji.

"Sebaiknya tahun ini pemerintah tidak memberangkatkan haji. Risikonya sangat besar baik dari sisi kesehatan maupun penyelenggaraan," kata Abdul Mu'ti kepada Kompas.com, Rabu (2/6/2021).

Mu'ti menilai bahwa apabila pemerintah tidak menyelenggarakan ibadah haji, maka juga tidak melanggar syariat dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Sebab, ia mengacu kepada syariat Islam bahwa ibadah haji dapat dilaksanakan apabila perjalanan dan pelaksanaan dinyatakan aman.

Baca juga: Duit Rp 32 Juta untuk Naik Haji Raib, Pedagang Bakso di Karawang Tertipu Investasi Bitcoin Bodong

Baca juga: Arab Saudi Beri Izin 60 Ribu Jemaah Tunaikan Ibadah Haji 2021, Berikut Persyaratannya

Baca juga: Lansia di Kabupaten Cirebon Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19, Diprioritaskan Bagi Calon Jemaah Haji

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved