Breaking News:

Satu Desa Tak Bisa Gelar Pilkades Karena Calon Tunggal, Bupati Indramayu Kirim Surat ke Kemendagri

Satu dari 171 desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Indramayu batal digelar.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meninjau langsung pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Indramayu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Satu dari 171 desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Indramayu batal digelar.

Hal ini dikarenakan desa tersebut hanya terdapat satu calon saja, panitia Pilkades pun terpaksa mengundur waktu pencoblosan hingga tanggal 16 Juni 2021.

Mengenai hal tersebut, Bupati Indramayu, Nina Agustina berencana akan bersurat kepada Kemendagri untuk merevisi regulasi.

Baca juga: Drama di Pilkades Indramayu, Suami Istri Ini Hilang Surat Suaranya Saat Mau Nyoblos, Lapor ke Polisi

Rencana itu pun didukung pula oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang pada hari ini meninjau langsung pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Indramayu.

Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, imbas karena hanya ada calon tunggul itu, membuat desa setempat tidak bisa menggelar Pilkades.

"Sementara dalam Pancasila itu kan ada yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sekarang mereka sudah bergerak tapi malah tidak bisa digelar, itu kan tidak adil," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (2/6/2021).

Oleh karenanya, disampaikan Uu Ruzhanul Ulum, pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendukung kebijakan Bupati Indramayu tersebut.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun juga akan berharap kepada Kemendagri agar pelaksanaan Pilkades di Jawa Barat kedepannya bisa dilaksanakan pula secara serentak di seluruh wilayah.

"Kalau diizinkan kita berharap suatu saat ada pemilihan (Pilkades) yang sama se-Jawa Barat, sehingga waktu pelaksanaannya tidak berbeda di masing-masing wilayah," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved