Breaking News:

Advertorial

Peringati Hari Lahir Pancasila 2021, Presiden Jokowi: Kemajuan Teknologi Harus Tetap Diwaspadai

Presiden Republik Indoensia Joko Widodo berpesan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia tetap waspada terhadap kemajuan tekonologi

Istimewa
Bupati Kuningan H Acep Purnama dan Forkopimda serta pejabat lain mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Pendopo Kuningan, Selasa (1/6/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN  - Presiden Republik Indoensia Joko Widodo berpesan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia tetap waspada terhadap kemajuan tekonologi dan meningkatnya rivalitas antar ideology di kalangan masyarakat.

Pernyataan itu muncul saat Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dalam upacara peringatan Hari  Lahir Pancasila melalui daring alias virtual yang melibatkan seluruh Kepala Daerah se- Indonesia, Selasa (1/6/2021).

Upacara berlangsung di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara secara virtual dan memimpin langsung pelaksanaan upacara yang dilangsungkan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Dalam pidatonya, ia mengingatkan untuk mewaspadai rivalitas dan kompetisi antar ideologi.

"Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antarideologi," kata Presiden Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang disiarkan secara daring.

Menurutnya, meski Pancasila sudah menyatu dengan bangsa Indonesia namun tantangan Pancasila kedepan semakin berat.

“Salah satunya dari ideologi transnasional yang cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi,” ujarnya.

Dalam perkembangannya ideologi transnasional radikal mudah tumbuh karena kemajuan teknologi.

"Ketika konektivitas 5 G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga semakin mudah dan cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke semua pelosok Indonesia ke seluruh kalangan dan keseluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu,” ungkapnya.

Presiden Jokowi mengimbau bahwa untuk menghadapi kondisi tersebut diperlukan cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh Rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan indonesia yang maju yang kita cita-citakan," ungkapnya.

Hadir dalam peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual itu,  Bupati Kuningan H. Acep Purnama.  Untuk Kabupaten Kuningan bertempat  di Pendopo Setda Kabupaten Kuningan, pada Selasa 1 Juni 2021. 

Hadir pula Wakil Bupati Kuningan H. Ridho SugandaSekda Kuningan  Dr. Dian Rachmat Yanuar, dan  Forkopimda Kabupaten Kuningan. Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Kuningan beserta staf dan  jajarannya dan  lainnya yang menghadiri acara di masing - masing kantor. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved