Breaking News:

Pendaftaran Komcad Mulai Hari Ini Sampai 7 Juni, Ini Link untuk Mendaftar, Uang Sakunya Lumayan

Pendaftaran Komcad 2021 dibuka Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pada tanggal 2-7 Juni.

Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Dandim 0625/Kuningan Letkol CZI David Nainggolan berhasil merekrut sebanyak 65 warga sipil di Kuningan melalui seleksi Komponen Cadangan (Komcad) matra darat untuk pertama kalinya, Sabtu (29/5/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM - Bagaimana gaji Komcad, keuntungan apa yang akan diperoleh jika bergabung, hingga konsekuensi yang akan ditanggung.

Mungkin itulah beberapa hal yang menjadi pertanyaan orang-orang yang ingin mendaftar sebagai anggota Komcad atau Komponen Cadangan.

Pendaftaran Komcad 2021 dibuka Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pada tanggal 2-7 Juni.

Pendaftaran tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi Komcad, sementara dokumen pendaftaran bisa diunduh di website komcad.kemhan.go.id.

Baca juga: Hadapi Ancaman Perang atau Bencana, Dandim 0615/Kuningan Rekrut 65 Warga untuk Komcad Matra Darat

Untuk pendaftaran Komcad 2021 baru diadakan di wilayah Jawa. Pemerintah menunjuk empat markas komando daerah militer (kodam) sebagai lokasi pendaftaran.

Di antaranya Kodam Jaya/Jayakarta (Jakarta), Kodam II/Siliwangi (Bandung), Kodam IV/Diponegoro (Semarang), dan Kodam V/Brawijaya (Surabaya).

Melansir dari laman kemenhan.go.id, dijelaskan bahwa Komcad bukanlah wajib militer.

Komcad merupakan salah satu program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU no. 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Baca juga: Ridwan Kamil & Anies Baswedan Saling Ucap Selamat, Warganet Heboh Ingin Mereka Maju di Pilpres 2024

Merujuk UU No 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, Komcad atau Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI).

Mengutip Kompas.com, dalam perekrutan tahap pertama ini, pemerintah baru membuka Komcad untuk matra darat dengan kuota sekitar 2.500 peserta.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved