Breaking News:

Pria Ini Tewas Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Dinkes Sentil Pihak yang Sering Menyalahkan Vaksin

Sejauh ini, belum diketahui penyeba kematian Malanua pada Senin (24/5/2021). Ia sempat menjalani vaksinasi Covid-19 dengan jenis vaksin. . .

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Istimewa
Ilustrasi jenazah di kamar mayat 

TRIBUNCIREBON.COM, DENPASAR - Seorang pria di Bali, Muhamad Abdullah Malanua (43) meninggal dunia dua hari setelah mengikuti vaksinasi Covid-19 AstraZeneca.

Sejauh ini, belum diketahui penyeba kematian Malanua pada Senin (24/5/2021). Ia sempat menjalani vaksinasi Covid-19 dengan jenis vaksin AztraZeneca tahap pertama di Dusun Bumi Banten, Sabtu (22/5/2021).

“Kita tidak bisa menyimpulkan kalau beliau meninggal karena vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (26/5/2021).

Menurut Suarjaya, Malanua memiliki riwayat penyakit darah tinggi, diabetes, dan kolesterol.

Saat akan mengikuti vaksinasi, Malanua sudah mengikuti seluruh tahapan dan lolos uji screening.

"Saat beliau ikut vaksin, semua proses screening dan lain sebagainya sudah dilakukan dan ondisi beliau saat itu memungkinkan untuk mendapatkan vaksin," kata Suarjaya.

Baca juga: Total Jumlah Vaksinasi Tahap Pertama 14.369.233, Vaksinasi Tahap Kedua Berapa? Ini Angkanya!

Suarjaya menjelaskan, setelah menjalani vaksinasi dan dilakukan observasi, kondisi Malanua juga dalam keadaan baik.

Itu sebabnya, petugas yang ada di lapangan mengizinkan Malanua pergi meninggalkan lokasi vaksinasi.

“Kita tidak bisa menyimpulkan kalau beliau meninggal karena vaksin. Jangan sedikit-sedikit ada orang meninggal dikaitkan dengan Covid-19 atau ada yang meninggal setelah beberapa harinya mendapatkan vaksin dikaitkan meninggal karena vaksin," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Malanua ditemukan meninggal di kamar indekosnya di Jalan Pulau Sebatik, Desa Dauh Puri Kelod, Denpasar Barat, Kota Denpasar.

Belum diketahui sebab kematian Malanua. Namun, ia menjalani vaksinasi corona dengan jenis vaksin AztraZeneca tahap pertama di Dusun Bumi Banten, Sabtu (22/5/2021).

Sementara, pihak keluarga tak ingin mengautopsi jenazah Malanua. Mereka mengikhlaskan kematian pria yang bekerja sebagai tukang jahit tersebut. Jenazahnya pun juga sudah dibawa ke Banyuwangi tempat asal sang istri.

Penulis : Kontributor Bali, Ach. Fawaidi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pria di Bali Meninggal 2 Hari Usai Vaksinasi, Ini Penjelasan Dinkes"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved