Breaking News:

Cuaca Ekstrem Masih Melanda Jabar, Dua Rumah Ambruk di Bandung Barat Akibat Hujan Lebat

Imbas dari cuaca ekstrim dan curah hujan tinggi pada Selasa (25/5/2021), dalam satu hari 2 rumah ambruk di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Editor: dedy herdiana
Science Daily
ILUSTRASI Cuaca Ekstrem 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Wildan Noviansah

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Imbas dari cuaca ekstrim dan curah hujan tinggi pada Selasa (25/5/2021), dalam satu hari 2 rumah ambruk  di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hal ini dikonfirmasi oleh kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Duddy Prabowo. 

"Intensitas hujan yang tinggi yang terjadi selama kurang lebih 10 jam tanpa henti menjadi salah satu penyebab terjadinyahal tersebut," katanya saat diwawancarai, Selasa (25/5/2021). 

Baca juga: Ratusan Rumah di Karawang Terendam Banjir Kiriman dari Bandung, Hujan Sebabkan Sungai Citarum Meluap

Baca juga: Mau Tahu Cara Melihat Gerhana Bulan Total di Indonesia pada 26 Mei 2021? Simak Yuk, Ini Petunjuknya

Duddy mengatakan bencana terjadi di dua kecamatan yang berbeda. Yakni di Kampung Cibatu RT 01 RW 06 desa Cilame kecamatan Ngamprah  dan di Kampung Panaris RT 01 RW 06 desa Kertajaya kecamatan Padalarang. 

Menurut pengakuan Duddy dari hasil assesment di lapangan, intensitas hujan mengakibatkan beberapa kerusakan fasilitas. 

Diantaranya 1 rumah milik Ibu Iyen (53) di Padalarang, dan 1 Rumah milik Ita (69) di Ngamprah mengalamai kerusakan berat yang mengakibatkan korban dan keluarganya harus mengungsi ke rumah kerabat. 

Sejauh ini Tim BPBD sudah menangani bencana tersebut dengan melakukan assesment atau kaji cepat. Juga bersama aparatur kewilayahan dan warga setempat melakukan gotong royong untuk mengamankan dan membersihkan lokasi bencana. 

"Kita sudah melakukan koordinasi degan aparat setempat, mendatangi lokasi kejadian juga dan menginstruksikan warga terdampak untuk mengungsi terlebih dahulu," kata dia. 

Meskipun dalam runtuyan bencana tersebut tidak ada korban jiwa, namun pihak BPBD senantiasa menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan ditengah cuaca ekstream yang terjadi belakang ini.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved