Breaking News:

Momentum Halal Bihalal, Viking Kuningan Berkomitmen Ciptakan Kondusifitas Lingkungan

Momentum Syawalan 1442 Hijriyah menjadi ajang kegiatan silaturahmi para supporter Persib Bandung yang tergabung dalam Viking Distrik Kuningan.

Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Halal Bihalal Viking Distrik Kuningan 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Momentum Syawalan 1442 Hijriyah menjadi ajang kegiatan silaturahmi para supporter Persib Bandung yang tergabung dalam Viking Distrik Kuningan.

"Alhamdulillah setelah berapa waktu lama tak kumpul dan tidak ada kegiatan nonton bareng pertandingan Persib Bandung seperti pada sebelumnya, agenda halal bil halal ini menjadikan semangat kami untuk menjaga persaudaraan di daerah," ungkap Gugum Gumbira yang juga Dewan Penasehat Viking Distrik Kuningan di Soccer Corner Jersey Original Persib, Kecamatan Sindangagung, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (23/5/2021).

Gugum menyebut keberadaan Viking Kuningan ini otomatis sebagai bobotoh Persib. Terlebih saat bicara Viking ini merupakan kultur Jawa Barat yang tidak bisa dipisahkan dari lingkungan.

"Ya Viking itu otomatis bobotoh Persib. Militansi dan loyalitas dalam membela tim Kesebelasan sudah tidak diragukan. Tidak hanya itu, bentuk kegiatan lain di lingkungan tidak lepas dari solidaritas atau kegiatan sosial lainnya," ungkap Gugum lagi.

Mengingat sejarah berdirinya Viking Distrik Kuningan, Niki yang menjadi komando supporter Viking Kuningan pada tahun 2000 mengaku bahwa kebesaran Viking Kuningan banyak mewarnai kegiatan lingkungan masyarakat.

Berbicara pengalaman lama tidak lepas dari kegiatan baik buruk.

"Namun dalam beberapa waktu belakangan, Viking berkomitmen untuk menciptakan kondusifitas lingkungan baik saat  di dalam stadion maupun luar stadion," ujarnya.

Baginya, Viking merupakan wadah dalam kehidupan sekaligus budaya Jawa Barat. Saat bicara budaya otomatis bagian dari prinsip dalam kehidupan warga Jawa Barat.

"Viking itu bagi kami itu budaya Jawa Barat. Terlebih dengan kebesaran sekarang ini sudah menjadi keluarga yang memiliki solidaritas kuat," katanya.

Pengalaman Viking Distrik Kuningan, kata Niki mengklaim saat Stadion Mashud WS Kuningan menjadi home base Persita (Tangerang) pada beberapa tahun silam.

Viking sempat menjadi corong dalam menciptakan kondusifitas lingkungan saat berlangsung pertandingan Persebaya dengan Persitara.

"Dari pengalaman itu, kami mendapatkan kepercayaan untuk menjaga kondusifitas baik saat berlangsung pertandingan maupun di luar pertandingan di stadion. Alhamdulillah, hingga saat ini Viking lebih guyub satu sama lain dalam menghargai lingkungan daerah," ujarnya.

Masih ditempat sama, Yayan sekaligus owner Soccer Corner jersey Original Persib mengapreasiasi terhadap aktivis Viking buhun Kuningan.

"Semoga kegiatan ini menjadi tali silaturahmi yang saling menguntungkan. Kebetulan kita disini punya tempat dan sangat terbuka terhadap pengurus atau anggota Viking Kuningan saat berada di sini," ujarnya. (*)

 
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved