Breaking News:

REKOR BARU Pemkab Kuningan Raih WTP dari BPK untuk ke Tujuh Kalinya, Ini Kata Bupati

Nuzul Rachdi mengatakan, untuk raihan Penghargaan WTP ke tujuh kali ini membanggakan dan menggembirakan.

Istimewa
Bupati Kuningan H Acep Purnama saat menerima WTP di Bandung 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Pemkab Kuningan kembali meraih Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

WTP ini merupakan penilaian BPK Perwakilan Jabar terhadap Laporan Hasil Keuangan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, di Aula BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat hadir langsung dalam prosesi penyerahan WTP tadi.

"Alhamdulillah, keberhasilan ini merupakan keberhasilan bersama seluruh jajaran pemerintah daerah dan dukungan masyarakat Kabupaten Kuningan.

Sebagai bukti nyata kinerja bersama dengan baik sehingga kita mendapat WTP yang ke tujuh kalinya," ungkap Bupati Kuningan H Acep Purnama di sela kegiatan tadi, Jum'at (21/5/2021).

Acep menerangkan, bahwa BPK perwakilan Provinsi Jawa Barat dalam menjalankan fungsinya bukan hanya memeriksa laporan keuangan Pemerintah Daerah saja.

Akan tetapi menurut Acep juga memeriksa kinerja atas efektifitas tata kelola pemerintah daerah dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah.

“Kegiatan audit atau pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara yang dilakukan pada semua tingkatan unit institusi penyelenggara pemerintah,” katanya.

Baca juga: Kabupaten Indramayu Raih WTP dari BPK Jabar yang Kelima, tapi Disebut Masih Ada Beberapa Masalah

Baca juga: Mahasiswa Papua Demo Minta Jokowi Menarik Pasukan Militer: Rakyat Papua sama dengan Warga Palestina

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdi mengatakan, untuk raihan Penghargaan WTP ke tujuh kali ini membanggakan dan menggembirakan.

Menurutnya hal ini sebagai bentuk konsistensi mentaati peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara.

“Jarang loh ada kabupaten atau daerah bisa mendapatkan penghargaan secara berturut-turut sampai tujuh kali, sehingga kita patut bersyukur," katanya.

Menurutnya WTP ini harus bisa memotivasi untuk meningkatkan kinerja Pemkab Kuningan.

"Bagaimana bisa patuh terhadap peraturan perundang-undangan. Untuk memberikan pelayanaan terbaik dalam pembangunan masyarakat," ungkapnya. (*)

Baca juga: Tubuh Bocah 3 Tahun di Subang Melepuh Tersiram Air Mendidih Saat Jajan Cilok, Ini Kronologinya

Baca juga: Kemangi dan Jintan Hitam Ternyata Obat Ampuh Sembuhkan Kanker Serviks, Cara Mengolahnya Begini

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved