Breaking News:

Bupati Imron Rosyadi Pastikan Pemudik yang Melintasi Kabupaten Cirebon Tidak Terpapar Covid-19

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, memastikan pemudik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang melintasi Kabupaten Cirebon tidak terpapar Covid-19.

TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kedua kiri), saat meninjau pelaksanaan rapid test antigen di pos penyekatan Rawagatel, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Jumat (21/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, memastikan pemudik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang melintasi Kabupaten Cirebon tidak terpapar Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test antigen yang dilaksanakan di pos penyekatan Rawagatel, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon.

Menurut Imron, petugas gabungan di pos penyekatan itu hanya mengizinkan pemudik yang membawa surat keterangan negatif Covid-19 melanjutkan perjalanannya ke perantauan.

Sementara pemudik yang tidak membawa surat keterangan itu diharuskan mengikuti pemeriksaan rapid test antigen di pos penyekatan Rawagatel.

"Tujuan penyekatan ini untuk memastikan para pemudik terbebas dari Covid-19 melalui pemeriksaan antigen secara acak," ujar Imron Rosyadi saat memonitor pos penyekatan Rawagatel, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Dampak Larangan Mudik 2021, Jumlah Pemohon SKCK Alami Penurunan Hingga 40 Persen dari Tahun Lalu

Baca juga: MENGEJUTKAN, Terdata Ada ASN Karawang Mudik ke Irlandia dan Maroko, Begini Penjelasan Kepala BKPSDM

Ia mengatakan, Pemkab Cirebon bersama Polresta Cirebon dan instansi terkait lainnya tetap melaksanakan penyekatan hingga 24 Mei 2021.

Pasalnya, hingga kini arus balik Lebaran 2021 di jalur Pantura Kabupaten Cirebon juga masih berlangsung meski prediksi puncaknya telah terjadi pada akhir pekan lalu.

Namun, sampai hari ini masih banyak pemudik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon.

"Ada ribuan pemudik yang sudah diperiksa antigen di pos-pos penyekatan di wilayah Kabupaten Cirebon," kata Imron Rosyadi.

Baca juga: Hari Pertama Pascalibur Lebaran, Tak Ditemukan ASN di Indramayu yang Bolos Karena Mudik

Baca juga: Mau Balik ke Jakarta Setelah Mudik? Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19, Begini Kata Kapolda Metro Jaya

Imron menyampaikan, pemudik yang telah menjalani rapid test antigen akan diberikan surat keterangan hasil pemeriksaannya.

Jika hasil pemeriksaannya negatif maka pemudik tersebut diperkenankan melanjutkan perjalanannya ke arah Jakarta.

Namun, bagi pemudik yang hasil pemeriksaan rapid test antigennya dinyatakan positif akan diputar balik.

"Kami juga berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 daerah asalnya untuk ditindaklanjuti melalui swab PCR," ujar Imron Rosyadi. (*)

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved