Breaking News:

Terpidana Kasus Korupsi Bansos Edi Siswadi Bebas Murni, Dia Adalah Mantan Sekda Kota Bandung

"Yang bersangkutan bebas murni," ucap Elly Yuzar. Tidak ada perpisahan khusus saat hari bebasnya Edi Siswadi. Namun, kata dia, Edi dijemput kerabatnya

TribunJabar.id/Mega Nugraha
Mantan Sekda Kota Bandung Edi Siswadi bersaksi dalam sidang kasus korupsi RTH, Senin (27/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Mantan Sekda Pemkot Bandung Edi Siswadi telah mengakhiri masa hukumannya di Lapas Sukamiskin Bandung, pada Selasa (18/5/2021).

"Betul, hari ini tadi pagi yang bersangkutan sudah bebas," ujar Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Elly Yuzar saat dihubungi pada Selasa (18/5/2021).

Pada 2014, Edi Siswadi dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi suap kepada Setiyabudi Tedjocahyono, hakim yang menangani perkara korupsi Bansos Kota Bandung. Setiyabudi divonis bersalah dan dihukum penjara 12 tahun pada 2013.

"Yang bersangkutan bebas murni," ucap Elly Yuzar. Tidak ada perpisahan khusus saat hari bebasnya Edi Siswadi. Namun, kata dia, Edi dijemput kerabatnya.

Baca juga: Kata Pak RT setelah Dua Warganya, Aa Umbara dan Totoh Gunawan Jadi Tersangka Korupsi Bansos

"Tadi saya tanya ada beberapa orang, katanya mau ngejemput pak Edi," ucap Elly.

Selama menjalani hukuman, Edi sempat terkait kasus korupsi pengadaan RTH Kota Bandung yang merugikan negara Rp 60 miliar lebih. Dalam kasus itu, menjerat dua mantan anggota DPRD Kota Bandung, TomTom Dabbul Qomar dan Kadar Slamet. Keduanya sudah divonis bersalah.

Satu lagi yakni Dadang Suganda, disebut-sebut sebagai makelar tanah dalam pengadaan tersebut. Dadang saat ini masih menjalani persidangan.

Berdasarkan dakwaan jaksa, Edi Siswadi diduga menerima Rp 10 miliar dari Dadang Suganda untuk pemenangan Edi di Pilwalkot Bandung 2013.

Baca juga: Edi Siswadi Terseret RTH: Terima Rp 10 Miliar, Menangis Rumah Istri Digadai untuk Ganti Uang Negara

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved