Breaking News:

Orang yang Idap Salah Satu dari 12 Penyakit Ini Tak Bisa Divaksin Covid-19, Cek Riwayat Kesehatan

Ada sejumlah orang yang tak bisa disuntik vaksin Covid-19, terutama seseorang yang mengidap 12 penyakit Komorbid atau bawaan.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
shutterstocks
ilustrasi vaksin corona 

TRIBUNCIREBON.COM - Ada sejumlah orang yang tak bisa disuntik vaksin Covid-19, terutama seseorang yang mengidap 12 penyakit Komorbid atau bawaan.

12 penyakit yaitu penyakit autoimun sistemik, Sindrom Hiper IgE, Infeksi akut, ginjal kronis (transplantasi ginjal), hipertensi, penyakit jantung, jantung koroner, reumatik autoimun, gastrointestinal, hipertiroid, kanker dan pasien hematologi onkologi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema mengatakan, sebelum divaksin akan dilakukan skrining secara ketat sehingga penerima vaksinasi dipastikan telah memenuhi syarat secara kesehatan.

"Jadi jangan berharap orang-orang tertentu langsung bisa divaksin, akan dilakukan skrining dengan ketat , sehingga orang-orang divaksin itu benar-benar memenuhi syarat," jelas dr Husaema dikutip dari Tribun Palu, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Charly Van Houten dan Bupati Cirebon Imron Rosyadi Disuntik Vaksin Covid-19 Tadi Malam

Baca juga: Buku Diet Tya Ariestya Tuai Kontroversi, Yulia Baltschun Ungkap Sisi Bahaya Diet Tya: Blacklist Aja!

Dijelaskannya, orang dengan penyakit penyerta alias Komorbid akan berbahaya jika tetap dipaksakan untuk disuntikan vaksin Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 untuk pasien Komorbid bisa dilakukan dengan syarat seperti, penderita hipertensi saat skrining tekananya dibawah 180 mmHg, penderita diabetes tanpa komplikasi akut, dan kadar gula darahnya terkontrol.

Sedangkan untuk penderita kanker dalam kondisi kesehatannya baik atau tidak menjalani pengobatan kanker.

Namun demikian, Dinas Kesehatan Kota Palu akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi terkait proses vaksinasi.

"Intinya semua akan dilakukan sesuai prosedur, kalau penderita komorbid ini berbahaya sudah pasti kami tak akan vaksin," pungkasnya.

Tak semua lansia boleh disuntik vaksin Covid-19

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved