Breaking News:

40 Pemudik Jalani Rapid Test Antigen di Pos Penyekatan Jalan Kalijaga Kota Cirebon, Ini Hasilnya

Mereka merupakan pemudik yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dan tidak mempunyai surat keterangan negatif Covid-19.

TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas saat melakukan pemeriksaan rapid test antigen kepada pemudik di posko penyekatan Jalan Kalijaga, Kota Cirebon, Sabtu (15/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Sebanyak 40-an pemudik menjalani rapid test antigen di posko penyekatan Jalan Kalijaga, Kota Cirebon, Sabtu (15/5/2021).

Mereka merupakan pemudik yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dan tidak mempunyai surat keterangan negatif Covid-19.

Karenanya, petugas gabungan mengarahkan para pemudik untuk mengikuti rapid test antigen yang tersedia di pos penyekatan tersebut.

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama, mengatakan, dari hasil pemeriksaan 40 pemudik itu pun dipastikan negatif Covid-19.

Karenanya, pihaknya mempersilakan mereka untuk melanjutkan perjalanan ke daerah tujuannya masing-masing.

"Kami juga memberikan surat keterangan pemeriksaan rapid test antigen yang menerangkan mereka negatif Covid-19," ujar La Ode Habibi Ade Jama melalui pesan singkatnya, Sabtu (15/5/2021) malam.

Baca juga: Ibu-ibu Berjilbab Biru Pakai Mobil Pelat B Ngambek, Ucapannya Kotor Saat Marahi Petugas Penyekatan

Baca juga: Antisipasi Puncak Arus Balik, Personel Pos Penyekatan Kalijaga Kota Cirebon Ditambah Dua Kali Lipat

Baca juga: Petugas Pos Penyekatan Kalijaga Cirebon Putar Balik Puluhan Kendaraan ke Arah Jawa Tengah

Ia mengatakan, pemeriksaan rapid test antigen itu dilaksanakan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon yang turut dilibatkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2021.

Selain itu, pemudik yang mempunyai surat keterangan negatif Covid-19 tetapi masa masa berlakunya habis juga diperiksa di pos penyekatan Jalan Kalijaga.

Namun, jika pemudik tidak memiliki surat keterangan dan enggan menjalani rapid test antigen maka langsung diputarbalikkan ke arah Jawa Tengah.

"Kalau ada pemudik yang hasil tesnya positif akan dilaporkan ke Satgas Penanganan Covid-19 daerah asalnya," kata La Ode Habibi Ade Jama.

Bahkan, petugas juga bakal memutar balik pemudik yang hasil pemeriksaannya dinyatakan positif tersebut.

Sebab, pihaknya hanya mengizinkan pemudik yang benar-benar tidak terpapar Covid-19 untuk melanjutkan perjalanan ke perantauannya.

"Rapid test antigen ini untuk memastikan bahwa para pemudik yang melintasi wilayah hukum Polres Cirebon Kota kondisinya sehat dan tidak terpapar Covid-19," ujar La Ode Habibi Ade Jama.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved