Breaking News:

Hari Raya Idulfitri 1442 H

Momen Lebaran, Peziarah Berbondong -bondong Datangi TPU Astana Ciloklok di Desa Cilimus Kuningan

Usai pelaksanaan solat Idulfitri 1442 Hijriyah, sejumlah warga di Desa / Kecamatan Cilimus, Kuningan Jawa Barat, berbondong - bondong mendatangi TPU

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Suasana di TPU Astana Ciloklok Desa Cilimus Kuningan Jawa Barat, Kamis (13/5/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Usai pelaksanaan solat Idulfitri 1442 Hijriyah, sejumlah warga di Desa / Kecamatan Cilimus, Kuningan Jawa Barat, berbondong - bondong mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Astna Ciloklok desa setempat untuk ziarah kubur.

Terpantau di lokasi TPU, tidak sedikit warga melakukan ritual keagamaan seperti pemanjatan doa dan pembacaan tahlil.

Tidak luput dari agenda para peziarah, kembang solasih pun menjadi bawaan peziarah saat mendatangi makam tadi. "Iya nih, kebetulan kita mau nyekar dan ini bawa kembang solasi.

Baca juga: Hari H Lebaran Hari Raya Idulfitri, Ruas Tol Cipali Sumberjaya Majalengka Sepi dari Kendaraan

Baca juga: Ruas Jalan Protokol di Pusat Kota Indramayu Dipadati Masyarakat yang Hendak Bersilaturahmi

Untuk agenda ziarah itu kita bersilaturahmi kepada orang tersayang yang meninggal terlebih dahulu dan tidak lupa mendoakan agar mendapatkam tempat lebih nyaman di alam barzah," ujar Ny Nur warga setempat saat dimintai komentarnya tadi, Kamis (13/5/2021).

Menurut bahw kegiatan nyekar seperti ini merupakan tradisi yang biasa banyak orang lakuka di hari besar keagamaan. "Ya ini tradisi warga muslim saat merayakan lebaran dilanjutkan dengan ziarah kubur seperti ini," ujarnya.

Teramati di lokasi TPU, warga satu sama terlihat patuh dalam kebijakan pemerintah melalui penggunaan protokol kesehatan. "Ya kita tetap prokes ini masa Pandemi Covid19. Tadi kita juga bersalaman dengan cara tak menyentuh lawan salam kita," ujarnya.

Menyinggung soal pemakaman Mantan Bupati Cirebon, yakni Dedi Supriadi yang berada di sebelah Utara kawasan TPU MB tersebut. Ny Nur menyebut tidak mengetahui persis apakah ada Keluarga yang lakukan ziarah kubur atau sebaliknya.

"Gak tahu ya, untuk peziarah dari keluarga atau saudaranya saya belum lihat. Tapi kalau posisi makam Pak Dedi (Bupati Cirebon) memang itu yang berada di sebelah utara yang bersaing begitu," ujarnya.

Sekedar informasi mantan Bupati Cirebon, Dedi Supriadi ini merupakan warga Desa / Kecamatan Cilimus yang menjabat pada periode 2003 - 2008 / 2008 - 2013. Sosok Dedi merupakan politisi PDIP yang sempat masuk bursa Calon Gubernur Jawa Barat. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved