Breaking News:

INNALILLAHI, Ahli Sejarah dan Naskah Kuno Cirebon Opan Safari Meninggal Dunia, Sempat Minta Maaf

Innalillahi wainna ilaihi rojiun, ahli sejarah dan naskah kuno Cirebon Dr R Ahmad Opan Safari Hasyim MHum meninggal dunia di Cirebon

Dokumentasi Tribun Jabar
Sejarawan Cirebon, Opan Safari, saat menunjukkan naskah Serat Carub Kanda di Makam Sunan Gunung Djati, Cirebon, Selasa (11/9/2018). Naskah tersebut secara keseluruhan menceritakan sejarah Pangeran Cakra Buana Cirebon. 

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Innalillahi wainna ilaihi rojiun, ahli sejarah dan naskah kuno Cirebon Dr R Ahmad Opan Safari Hasyim MHum meninggal dunia di Cirebon, Kamis (13/5/2021) pagi.

Pak Opan, sapaan akrabnya, sempat sakit beberapa pekan lalu, namun pulih kembali. 

Informasi meninggalnya Pak Opan beredar di grup-grup Whatsapp yang berkaitan dengan sejarah. Salah satunya di grup Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Jawa Barat. Pak Opan merupakan anggota TACB Kota Cirebon.

"Baru saja dapat kabar dari putri nya.... Telah berpulang ke Rahmatullah sahabat kita Opan Safari.... Innalillahi Wainna ilaihi Rojuin...," demikian informasi yang disebar oleh anggota grup WA tersebut, Isholiah.

Beberapa jam sebelumnya, tepatnya pada pukul 23.54, Pak Opan sempat mengirim permintaan maaf menjelang Hari Raya Idulfitri.

"Minalaidzin walfaidzin...mhn maaf lahir dan bathin," tulis Opan.

Pada awal Maret lalu, Pak Opan sempat terjatuh di kamar mandi dan mengalami kritis.

Ia kemudian dibawa ke ICU RS Pertamina. Perlu satu bulan bagi Pak Opan untuk pulih kembali dari sakit.

Berikut ini profil Opan Syafari Hasyim, seorang ahli sejarah dan naskah kuno yang masih memiliki kekerabatan dengan keraton Cirebon sebagaimana dilansir dari senawangi.org.

Rafan S. Hasyim  lahir di Cirebon, 9 Mei 1967 memiliki nama lengkap R. Achmad Opan Safari Hasyim dengan panggilan akrab Opan.

Halaman
1234
Penulis: Machmud Mubarok
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved