Breaking News:

Kalau Begini Sekolah Tatap Muka Bisa Tertunda Lagi, Mutasi Virus Corona Ancam Anak-anak & Remaja

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia, Prof Dr dr Aman Pulungan SpA(K), mengingatkan agar pemerintah mewaspadai pembukaan sekolah atau sekolah tatap

Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah siswa mencuci tangan dengan sabun sebelum mengikuti uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di SMPN 2 Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). Pemkot Bekasi memperbolehkan aktivitas tatap muka di sekolah kembali berlangsung dengan alasan angka penularan Covid-19 di Kota sudah di bawah satu. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Bahaya mutasi virus korona atau Covid mengintai anak-anak dan remaja.

//

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia, Prof Dr dr Aman Pulungan SpA(K), mengingatkan agar pemerintah mewaspadai pembukaan sekolah atau sekolah tatap muka.

Menurutnya, dalam mengantisipasi bahaya mutasi virus korona itu, Indonesia mesti berkaca pada sejumlah negara seperti India, Italia, Belanda, Prancis, dan Malaysia.

Di negara-negara tersebut, terjadi peningkatan infeksi Covid-19 pada anak-anak dan remaja.

Berdasarkan data British Medical Journal (BMJ 2021: 372, n 383), di Januari 2021, jumlah anak-anak dan remaja yang terinfeksi Covid di Israel meningkat pesat sejak merebaknya varian B.1.1.7.

Baca juga: Waspada, Belum Beres Penanganan Covid-19 di India, Kini Ada 4 Varian Virus Corona Baru

Proporsi kasus pada pasien usia di bawah 10 tahun meningkat hingga 23 persen.

Bahkan Israel juga telah membuka ruang ICU khusus Covid pada anak.

Di Corzano, Italia, ditemukan sebagian besar warga yang terinfeksi Covid adalah anak usia sekolah dasar (SD) atau lebih muda.

Lalu, di kota kecil Lasingerland - Belanda, dari sekitar 818 guru, murid, staf sekolah yang diperiksa, ditemukan 123 kasus positif dengan 46 diantaranya merupakan varian mutasi virus baru B.1.1.7.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved