Breaking News:

Cara Belanja di Pasar Baru tanpa Berdesakan, Cukup Klik Etapasbar.id, Belanja via Online

Di masa pemulihan ekonomi, Pasar Baru Bandung kembali bangkit dengan merambah pasar digital.

TribunJabar.id/Muhamad Syarif Abdussalam
Direktur Utama PT Jabar Telematika Feizal Rachman (paling kiri), Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq, dan CEO Etapasbar.id Kurnia, dalam peluncuran Etapasbar.id di Bandung, Kamis (7/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Di masa pemulihan ekonomi, Pasar Baru Bandung kembali bangkit dengan merambah pasar digital.

Transformasi digital ini terbentuk dari kolaborasi antara PT Jabar Telematika yang merupakan Anak Usaha BUMD Jawa Barat Jasa Sarana, bersama Etapasbar.id dan bank BJB. 

Kolaborasi ini pun melahirkan aplikasi marketplace Etalase Pasar Baru Bandung, yaitu Etapasbar.id, yang merupakan platform penjualan online untuk memudahkan para pedagang Pasar Baru Bandung dalam bertransaksi di era e-commerce.

Baca juga: Pedagang Pasar di Kuningan Sering Terima Uang Palsu, Tak Teliti Saat Terima Uang dari Pembeli

Baca juga: Pedagang di Pasar Sandang Jatibarang Indramayu Happy Dagangannya Laris Manis, Enggak Takut Dibubarin

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa berbelanja barang-barang yang dijual di Pasar Baru secara online tanpa khawatir berdesakan. Hal ini tentunya membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq, mengatakan aplikasi yang dapat diunduh di Google Play tersebut sangat berguna untuk pedagang Pasar Baru Bandung dalam mengembangkan dan meningkatkan penjualan, sekaligus meningkatkan daya saing dalam era pasar digital.

"Aplikasi ini ada dari hasil kreativitas para pedagang Pasar Baru. Mereka bikin aplikasi supaya bisa membantu penjualan di tengah pandemi. Kami memiliki pesan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membantu sebisa mungkin di era pandemi ini melalui transformasi digital," kata Hanif dalam kegiatan peluncuran aplikasi tersebut di Bandung, Kamis (6/5).

Hanif mengatakan ekonomi digital termasuk leading sector yang diprioritaskan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam pemulihan perekonomian di masa pandemi Covid-19. Kolaborasi ini pun, ujarnya, diharapkan bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional mengingat para pedagang ini sudah menghadapi masa sulit selama pandemi. 

Baca juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah, Beserta Panduan Bayar Zakat Fitrah Secara Online Melalui Baznas.go.id

Baca juga: Setelah Deklarasikan Partai Ummat, Amien Rais Kini Membuka Pendaftaran Kader Via Online

Direktur Utama PT Jabar Telematika, Feizal Rachman, berharap platform ini mampu menjembatani para pedagang konvensional untuk masuk ke pasar digital yang lebih luas, melalui Etalase Pasar Baru. PT Jabar Telematika pun, katanya, tahun ini fokus berevolusi ke dunia teknologi informasi dengan melahirkan divisi khusus di bidang ini.

"Etapasbar.id ini menjadi aplikasi yang mendukung transformasi digital UMKM Jawa Barat, khususnya yang berada di Pasar Baru. Hadirnya aplikasi marketplace Etapasbar.id dapat membantu memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang-barang tanpa harus keluar rumah," kata Feizal.

Halaman
12
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved