Breaking News:

KRI Nanggala 402

Ini Spesifikasi Kapal China Scientific Salvage Tan Suo 2 yang Akan Bantu Evakuasi KRI Nanggala-402

Bukan hanya satu, Pemerintah China akan mengerahkan tiga unit kapal salvage untuk membantu mengangkat bangkai KRI Nanggala 402

(Dispenal)
Kapal Angkatan Laut China atau People Liberation Army Navy (PLA Navy) sudah tiba di perairain Bali pada Minggu (2/5/2021) guna membantu evakuasi kapal selama KRI Nanggala-402. 

TRIBUNCIREBON.COM - Pemerintah China melalui Angkatan Laut China atau People Liberation Army Navy (PLA Navy) mengerahkan tiga kapal salvage guna membantu evakuasi kapal selam KRI Nanggala-402.

Dua dari tiga kapal salvage, yakni PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo-195 dan PRC Navy Ocean Salvage and Rescue Yong Xing Dao-863, sudah tiba di Perairan Bali pada Minggu (2/5/2021). Satu kapal lainnya, Scientific Salvage Tan Suo 2, dalam perjalanan menuju Indonesia.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) mengatakan bahwa bantuan tersebut berawal dari tawaran Duta Besar China untuk Indonesia kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

"Tawaran bantuan kemanusiaan ini disambut dengan senang hati pemerintah Indonesia," sebut siaran pers Dispenal, seperti dikutip dari KOMPAS TV.

Bukan hanya satu, Pemerintah China akan mengerahkan tiga unit kapal salvage untuk membantu mengangkat bangkai KRI Nanggala 402 yang berada di kedalaman 850 meter.

Salah satu kapal yang akan mengevakuasi KRI Nanggala 402 adalah Scientific Salvage Tan Suo 2.

Dilansir dari China Daily, kapal ini dirancang untuk beroperasi di lautan dengan kedalaman 4.500 meter.

Memiliki dimensi panjang 94,45 meter dan lebar 17,9 meter, kapal ini memiliki mesin utama bertenaga 12.000 kuda.

Tan Suo 2 dilengkapi sejumlah laboratorium, pusat pengolahan data dan informasi, serta peralatan lainnya.

Tak hanya berfungsi sebagai pangkalan untuk kapal selam dan ekspedisi laut dalam, kapal ini juga difungsikan untuk keperluan teknik lainnya.

Ada 60 awak, yang 39 di antaranya merupakan peneliti dari berbagai bidang.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved