Breaking News:

Politik Lokal

DPW Partai Ummat Jabar Terus Cari Lengkapi Syarat Pembentukan Partai di Tingkat Daerah

Setelah menggelar rapat pembentukan DPW Partai Ummat Jawa Barat, di Kota Bandung pada Minggu (2/5/2021) lalu, lengkapi jajaran pengurus

Istimewa
Dua Lambang Partai Ummat, partai baru yang didirikan Amien Rais. 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Setelah menggelar rapat pembentukan DPW Partai Ummat Jawa Barat, di Kota Bandung pada Minggu (2/5/2021) lalu, upaya pencarian kepingan puzzle pelengkap jajaran pengurus pun terus diupayakan oleh DPW Partai Ummat Jawa Barat, terlebih baru tiga posisi pucuk pimpinan yang telah terisi.

Ketiga posisi tersebut, yaitu Prof. Dr. H. Sanusi Uwes M.Pd yang merupakan tokoh Muhammadiyah sebagai Ketua DPW Partai Ummat Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. H.M. Yani Syafei, MT akademisi President University sebagai Sekretaris Jenderal DPW Partai Ummat Jawa Barat, dan dr. Danial Malik Hadibrata, SpPK.,MM yang juga tokoh Muhammadiyah sebagai Ketua Dewan Pengawas Partai Wilayah DPW Partai Ummat Jabar. 

"Pembentukan DPW Partai Ummat Jawa Barat telah dilakukan pada hari Minggu kemarin, dan telah terpenuhi tiga posisi ketua, sekjen, dan ketua dewan pengawas partai wilayah. Sementara untuk kelengkapan stuktur pengurus organisasi lainnya, meskipun telah muncul beberapa calon, tapi hingga kini masih dalam pembahasan," ujar Sekjen DPW Partai Ummat Jawa Barat, Prof. Yani Syafei saat dihubungi melalui telepon, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Bupati Kuningan Haji Acep Purnama Sambut Positif Partai Ummat Bentukan Amien Rais, Ucap Kalimat Ini

Baca juga: Ada Mantan Pengurus PAN Majalengka yang Bergabung di Partai Ummat, Ini Kata Ketua DPD

Prof. Yani mengatakan, setelah terbentuknya DPW Partai Ummat Jawa Barat, selanjutnya pembentukan DPD tengah dilakukan, terlebih saat ini setiap wilayah kabupaten/kota telah memiliki TP3U, dan hanya menyisakan kota Banjar yang masih dalam proses pembahasan.

"Saat ini hampir semua DPD Kabupaten/Kota di Jabar telah memiliki TP3U masing-masing, dan terkecuali Kota yang masih dalam pembahasan, mungkin dua hari ini dapat selesai sehingga turut segera memiliki TP3U di wilayahnya," ucapnya.

Terkait jumlah pengurus DPW Partai Ummat Jawa Barat, Prof. Yani menuturkan, akan terdiri dari 15-20 orang yang berasal dari berbagai latar belakang.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan syarat pembentukan kepengurusan struktur organisasi kepartaian daerah yang ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham). 

Baca juga: Sekretaris Muhammadiyah Jabar Mempersilakan Jika Warga Muhammadiyah Ingin Gabung di Partai Ummat

Baca juga: Partai Ummat di Kabupaten Indramayu Masih Jadi Tanda Tanya, Ini Kata Ketua DPD PAN Indramayu

"Rencananya akan ada 15-20 orang yang mengisi jajaran pengurus DPW Partai Ummat Jawa Barat, sebagaimana syarat minimal dari Kemenkumham terkait pembentukan struktur kepengurusan organisasi partai di tingkat daerah," ujar Prof. Yani.

Ia pun menambahkan, Partai Ummat ini berbeda dengan partai lain dan akan mencakup khalayak yang lebih luas sehingga bersifat heterogen. Partai yang baru dideklarasikan oleh Amien Rais pada Kamis 29 April ini akan mengusung visi misi Pancasila dengan berpijak pada nilai-nilai Islam.

Halaman
1234
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved