Breaking News:

Persibmania

Dua Isu Besar Tentang Liga 1 Menurut Pelatih Persib Bandung, Izin Pertandingan Disinggung

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menilai ada dua isu besar tentang Liga 1 yang sampai saat ini belum jelas kapan bergulir.

Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha
Robert Alberts 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG  - Piala Menpora 2021 telah selesai digelar dan Persija Jakarta resmi keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persib Bandung di pertandingan final.

Saat ini, fokus dan perhatian pencinta sepak bola Indonesia sedang tertuju ke penyelenggaraan Liga 1 yang sudah dinantikan bahkan sejak tahun lalu.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menilai ada dua isu besar tentang Liga 1 yang sampai saat ini belum jelas kapan bergulir.

Baca juga: Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Bersyukur Jam Main di Piala Menpora Cukup Banyak

"Yang pertama adalah izin, kami diberitahu selama turnamen bahwa liga akan digelar tapi izin belum diberikan hingga sekarang," ujar Robert Alberts kepada awak media belum lama ini.

Lalu isu besar kedua adalah soal format kompetisi yang sampai saat ini belum dijelaskan oleh PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Sampai saat ini, pelatih asal Belanda tersebut belum mengetahui format apa yang akan digunakan. Apakah menggunakan sistem home-away atau turnamen seperti di Piala Menpora.

"Isu besar kedua saat ini adalah bagaimana format liga itu sendiri. Apakah home and away, atau dasarnya turnamen lagi, evaluasi usai turnamen ini sekarang adalah apa format terbaik untuk sepak bola di Indonesia," katanya.

Baca juga: Fans Persib Bandung Desak Manajemen Persib Bandung Datangkan Pemain Ini untuk Gantikan Farshad Noor

Di samping itu, Robert Alberts mengingatkan pentingnya untuk menggelar Liga 1 di musim ini. Sebab jika tidak, sepak bola Indonesia bisa tertinggal sangat jauh dari negera-negara lain.

Di musim lalu, negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam kembali menggelar kompetisinya setelah sempat terhenti karena awal pandemi virus corona.

Sementara Liga 1 di Indonesia diputuskan untuk berhenti sepenuhnya tanpa menghasilkan juara.

"Jangan lupakan, jika tidak memulai liga sekarang maka sepak bola Indonesia semakin tertinggal dari negara lain. Dan itu tentu tidak bagus untuk tim nasional. jadi kami harus memulai liga. Negara lain bahkan sudah bisa disaksikan oleh penonton lagi sekarang," katanya.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved