Breaking News:

Limbah Medis Dibuang ke TPS

Buntut Penemuan Limbah Medis di TPSA Ciniru, Begini Kata Kapolres dan Bupati Kuningan

Buntut kasus limbah medis yang berserakan di TPSA di Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat mendapat tanggapan dari Kapolres Kuningan

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya saat melakukan pengawasan di sejumlah rumah ibadah di Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Buntut kasus limbah medis yang berserakan di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) di Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat mendapat tanggapan dari Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya.

Saat ditemui usai buka puasa bersama di Gedung DPRD Kuningan, Kamis (29/4/2021), Kapolres Doffie mengatakan bahwa kasus limbah medis itu tidak banyak ditemukan oleh petugas saat usai melakukan pemeriksaaan langsung ke lokasi.

"Hanya masker yang kami temukan, itu pun hasil laporan dari petugas Inafis Polres yang telah melakukan pemeriksaan langsung ke lokasi," ungkap Kapolres Doffie.

Disamping itu, kata dia, jika memang ditemukan limbah medis lainnya, silakan untuk melakukan laporan dan segera petugas tindak lanjut.

Baca juga: Mabes Polri Turun Tangan Usut Kasus Pembuangan Limbah Medis di TPSA Ciniru Kuningan, Ini Kata DPRD

Baca juga: Kasus Pembuangan Limbah Medis di TPSA Ciniru Kuningan Langsung Ditangani Mabes Polri

"Iya untuk limbah medis tidak ada kami temukan, hanya masker saja dan kalau ada bukti lain adanya limbah medis, mangga laporkan dan kami akan tindaklanjut," ujarnya.

Hal serupa dikatakan Bupati Kuningan H Acep Purnama mengaku bahwa hanya sejumlah masker saja yang ditemukan di kawasan TPSA.

"Ya kami terima laporan itu hanya ditemukan masker saja. Dan masker ini memang kebutuhan medis namun sudah banyak digunakan dan sekarang warga biasa pun menggunakan hingga membuang ditempat sembarang. Kami anggap ini ada kehilapan yang dilakukan saat membuang sampah tersebut," ujarnya.

Belum lama, kata Acep mengaku sudah melakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan dan sejumlah dokter di RSUD Kuningan.

"Mereka tidak mengaku adanya pembuangan limbah medis di sembarang tempat dan untuk menjadi perhatian kami, kedepan pengawasan akan lebih ketat dalam menjaga kesehatan lingkungan," ujarnya. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved