Breaking News:

Pertamina Segera Ganti Biaya Perbaikan Bangunan Warga yang Rusak Akibat Ledakan Tangki Balongan

PT Pertamina juga sudah melakukan sosialisasi bersama warga terdampak soal biaya perbaikan itu di Gedung Wanita Patra, Kompleks Bumi Patra, Indramayu

handhika Rahman/Tribuncirebon.com
Kondisi terkini PT Pertamina RU VI Balongan yang terbakar Selasa (30/3/2021) pagi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - PT Pertamina akan segera memberikan biaya perbaikan bangunan dan properti warga yang rusak akibat ledakan yang terjadi di areal Kilang Balongan.

Sebelumnya, PT Pertamina juga sudah melakukan sosialisasi bersama warga terdampak soal biaya perbaikan itu di Gedung Wanita Patra, Kompleks Bumi Patra, Indramayu pada Selasa (27/4/2021) kemarin.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Kilang Balongan, Cecep Surpiyatna mengatakan, pemberian biaya perbaikan ini sebelumnya telah melalui beberapa tahapan.

Mulai dari pendataan, verifikasi, hingga memvalidasi besaran biaya perbaikan bangunan dan properti warga.

Baca juga: Ini yang Terjadi Setelah 45 Hari Suntik Vaksin Dosis Kedua, Berapa Banyak Antibodi yang Terbentuk?

Baca juga: Komisi VI DPR RI Dukung Penyidikan Polri soal Kilang Minyak Balongan Indramayu, Harus Diusut Tuntas

Total secara keseluruhan ada sebayak 3.074 unit rumah yang rumah akibat ledakan.

“Proses verifikasi dan validasi diawali dengan survei dan pendataan di lapangan oleh tim gabungan yang independen dan memiliki kompetensi yang memadai," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (28/4/2021).

Lanjut Cecep Surpiyatna, biaya perbaikan yang diterima warga sudah mencakup semua hal, termasuk jasa tukang.

Adapun untuk penetapan besaran biaya mengacu pada SK Bupati nomor 641/Kep.153-PUPR/2021 tanggal 8 Maret 2021 tentang Penetapan Harga Satuan Bangunan Gedung/Negara Tahun 2021.

Cecep Surpiyatna menjelaskan, pihaknya juga sudah memberikan pemahaman kepada warga agar mengikuti semua proses dan prosedur dengan baik agar pembayaran berjalan dengan lancar dan akuntabilitas terjaga.

"Bila semua proses dan prosedur telah diikuti secara baik dan akuntabel, kami yakin hasilnya akan bermanfaat bagi masyarakat dalam menata kembali kehidupan normal mereka, di bawah bangunan rumah yang sudah diperbaiki,” ujarnya.

Baca juga: Istri Kopda Eta Kharisma Cerita Sebelum Berlayar dengan KRI Nanggala-402, Suaminya Punya Firasat

Baca juga: Kasus Covid-19 di India Menggila, 117 Orang Tiap Jam Meninggal karena Terinfeksi Virus Corona

Pada kegiatan sosialisasi itu, dijelaskan prosedur pemberian biaya perbaikan rumah warga. Dana perbaikan akan diberikan bekerja sama dengan Bank BRI. 

Warga akan dibuatkan rekening BRI dan dibagikan buku tabungan dengan jadwal dan lokasi yang ditentukan Pertamina akan mentransfer biaya perbaikan ke rekening masing-masing warga yang sudah terdata.setelah buku tabungan diterima warga. 

"Buku tabungan akan dibagikan kepada warga terdampak secara bertahap. Pada hari besok buku tabungan akan dibagikan kepada warga di dua desa yang terletak di ring 1 kilang, yaitu Desa Balongan dan Desa Sukaurip," ujarnya.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved