Breaking News:

Larangan Mudik 2012

DATA Lengkap Lokasi Pos Penyekatan Larangan Mudik di Wilayah Jawa Barat, Jangan Coba-coba Mudik

Meski dimungkinkan adanya penindakan tegas terhadap warga yang nekat mudik di tengah ada larangan mudik, menjadikan itu upaya terakhir

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Personel Satlantas Polres Majalengka melakukan sosialisasi larangan mudik dan penerapan protokol kesehatan, Jumat (16/4/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM - Larangan mudik secara ketat akan diberlakukan pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Warga yang nekat mudik tak mustahil akan dijatuhi sanksi penyitaan kendaraan.

"Kami akan ikuti proses dan prosedurnya. Untuk penyitaan, itu dilihat dari pelanggarannya seperti apa," ucap Dirlantas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi saat dihubungi pada Minggu (18/4/2021).
Misalnya, penyitaan kendaraan bisa saja dilakukan jika ada warga yang nekat mudik kemudian kendaraan yang digunakannya tidak laik.
"Semoga masyarakat paham dan mengerti tentang larangan mudik ini. Semuanya untuk keselamatan dan kepentingan bersama," ucap dia.
Meski dimungkinkan adanya penindakan tegas terhadap warga yang nekat mudik di tengah ada larangan mudik, polisi kata dia, menjadikan itu upaya terakhir.
"Kami masih terus mengupayakan untuk persuasif humanis," ujar dia.
Sementara itu, polisi juga akan bersikap tegas terhadap warga yang mudik sebelum 6 Mei 2021.
"Kami akan putar balikkan kendaraannya," ucap Eddy.
Tak Bawa Hasil Tes Swab
Di Kabupaten Bandung, kini masuk hari kedua penyekatan yang dilakukan oleh kepolisian dan dinas perhubungan.
Penyekatan tersebut dilakukan karena memang pemerintah melarang mudik untuk lebaran kali ini, demi mencegah dan memutus penyebaran Covid 19.
Walau demikian ternyata masih banyak pengendara yang memaksakan untuk mudik, dan diputar-balikkan oleh petugas. 
Menurut Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakasa, dalam dua hari dilakukan penyekatan, kemarin dan hari ini di Gerbang Tol Cileunyi dan Soreang, sudah ratusan kendaraan yang diputar balikkan.
"Sabtu 395 kendaraan (yang diputarbalikkan) dan Minggu 270 kendaraan. Jadi total ada 665 kendaraan yang diputar balikkan," kata Erik, saat dihubungi, Minggu (25/4/2021).
Erik mengatakan, kebanyakan kendaraan yang diputarbalikkan, merupakan kendaraan dari Jakarta, Bogor, dan Bekasi.
"Untuk sekarang kendaraan yang diputarbalikkan, yang tak membawa hasil swab," kata Erik.
Menurut Erik, pihaknya juga menyediakan swab antigen, secara acak pihaknya mengambil sampling dari pengguna jalan untuk dites.
"Jika hasilnya negatif, diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan," katanya.
Erik mengimbau, untuk tidak mudik pada Lebaran kali ini.
"Tunda mudik 2021, jangan sampai Indonesi kaya India (yang penyebaran dan penularan Covi 19 nya rawan karena tak patuhi protokol kesehatan)," ucapnya.

120 Pos Penyekatan

Bus antar kota dilarang beroperasi selama larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Berkaca pada momen mudik 2020, banyak pemudik yang mensiasatinya dengan menyewa kendaraan pribadi.

Kendaraan yang disewa pemudik, banyak ditemukan pada momen mudik tahun lalu di beberapa titik yang memberlakukan penyekatan oleh polisi. Tidak jarang ada warga yang terkonfirmasi Covid 19 saat dicek polisi.

Tahun ini, polisi mengantisipasi kendaraan yang disewa warga untuk mudik, supaya tidak kecolongan.

"Iya, kendaraan pribadi yang disewa pemudik jadi pemantauan, jika ditemukan kami akan tindak tegas," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago via ponselnya, Minggu (25/4/2021).

Dalam Undang-undang Lalu Lintas Angkutan Jalan, kendaraan pribadi yang disulap jadi angkutan umum termasuk pelanggaran. Ditambah lagi, ada aturan bus antar kota tidak boleh beroperasi di masa mudik yang bertepatan dengan pandemi Covid 19.

"Bahwasannya jangan ada travel yang memberangkarkan mudik baik itu ke Sumatera maupun ke Jawa. Itu melanggar hukum," ujar Erdi.

Polda Jabar akan mendirikan 120 titik penyekatan di wilayah jalur mudik di seluruh Jabar. Di Kota Bandung, titik penyekatan ada di exit Gerbang Tol Buahbatu, Mohammad Toha, Pasir Koja, Kopo, Pasteur. Di titik penyekatan itu, berkaca tahun lalu, banyak yang menggunakan akses jalan tersebut dari luar kota.

Lalu titik penyekatan juga ada di Bundaran Cibeureum di titik perbatasan Kota Bandung dan Cimahi. Lalu  Bundaran Cibiru yang merupakan perbatasan Kota dan Kabupaten Bandung. Di sepanjang jalur di dua titik penyekatan itu, banyak pemudik menggunakan roda dua umumnya dari kawasan Jabodetabek.

Satu lagi, yakni di Terminal Ledeng atau di Jalan Setiabudi yang merupakan perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat..

"Tentunya nanti di titik yang sudah dijadikan pemeriksaan akan diperiksa, kalau seandainya ketauan akan diberikan tindakan tegas," kata dia.

Tindakan yang dilakukan, kata Erdi, mulai dari membalikkan arah mobil tersebut hingga tindakan tegas lainnya. Sementara untuk tindakan sanksi pidana,  pihaknya akan melihat kesalahan terlebih dahulu.

"Minimal dibalikan arah atau tindakan tegas lainnya. Kalau pidana kita lihat dulu pidananya apa, kalau misalnya hanya untuk membawa angkutan ini kan hanya pelanggaran saja," ucap dia. 

Berikut ini DATA LOKASI POS SEKAT DI WILKUM POLDA JABAR DALAM RANGKA OPS "KETUPAT LODAYA - 2021"

POLRESTABES BANDUNG

a. GT. Buah Batu
b. GT. Moch Toha
c. GT. Kopo
d. GT. Pasirkoja
e. GT. Pasteur
f. Bunderan Cibiru
g. Bunderan Cibeureum
h. Terminal Ledeng Jl. Setiabudhi

POLRESTA BANDUNG

a. Jl. Cibiru - Cileunyi (Batas Kota Bandung)
b. GT. Cileunyi

POLRESTA BOGOR KOTA

a. Pos Sekat Bubulak Bogor
b. Pos Sekat Yasmin Bogor
c. Pos Sekat Pomad Bogor
d. GT. Tol BORR
e. GT. Bogor
f. GT. Ciawi

POLRESTA CIREBON

a. GT. Palimanan (perbatasan jalur tol Jabar - Jateng)
b. Pos Rawa Gatel
c. Pos Dukupuntang
d. Pos Ramayana
e. Pos Ciperna
f. Pos Losari (perbatasan Cirebon - Brebes)

POLRES BOGOR

a. Pos Gunung Putri (perbatasan Bogor - Depok)
b. Pos Cileungsi (perbatasan Bogor - Bekasi)
c. Pos Jasinga (perbatasan Bogor - Prov. Banten)
d. Pos Parung Bogor
e. Pos Cibinong
f. Pos GT. Ciawi

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved