Breaking News:

Virus Corona

Dinkes Sumedang Waspadai Varian Baru Virus Coroa dari India, Begini Cara Antisipasinya

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang mulai mewaspadai mutasi varian baru virus corona dari India setelah virus tersebut masuk ke Indonesia.

IRNA
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang mulai mewaspadai mutasi varian baru virus corona dari India setelah virus tersebut masuk ke Indonesia.

Hal itu karena  varian baru virus corona ini disebut-sebut bisa lolos dari deteksi tes Covid-19 dan bisa menimbulkan gejala baru terhadap orang yang terpapar virus tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin mengatakan, meskipun varian baru virus corona dari India ini belum masuk ke Sumedang, tetapi masyarakat harus tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Varian Corona dari India Masuk Indonesia, Pakar Imbau Jangan Mudik: Jangan Kembali ke Awal Pandemi

"Kalau untuk antisipasi, mungkin dengan cara adanya larangan mudik dan penyekatan juga bisa diantisipasi," ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Selasa (27/4/2021).

Apalagi, kata dia, Pemerintah Pusat juga selama ini sudah melakukan berbagai upaya agar varian baru virus corona dari India ini tidak sampai menyebar di wilayah Indonesia.

"Saya kira, secara nasional di pemerintah pusat juga sudah melakukan antisipasi dan waspada banget, termasuk di Kabupaten Sumedang," kata Uyu.

Baca juga: Masih Ada 256 Pasien Covid-19 di Majalengka yang Menjalani Perawatan Baik di RS Maupun Isolasi

Uyu mengatakan, antisipasi lain yang dilakukan pemerintah pusat juga sudah melakukan screening di Kantor Kesehatan Pelabuhan supaya virus ini tidak sampai menyebar.

"Intinya semua itu sudah diantisipasi di tingkat nasional dan hal ini otomatis harus dilakukan juga di daerah," ucapnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendaliaan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Reny K Anton, memastikan, bahwa varian virus baru dari India ini belum masuk di Sumedang.

"Sebetulnya di Sumedang sampai saat ini belum terdeteksi kasus, baru ada di beberapa kota besar lainnya. Tapi kita harus tetap waspada," kata Reny.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved