Breaking News:

Revitalisasi Selesai, Warga Cirebon Bisa Bergembira di Alun-alun Kejaksan

Masyarakat Cirebon kini dapat menikmati wajah baru Alun-alun Kejaksan setelah diresmikan Ridwan Kamil.

Istimewa
Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Hari Kartini, Rabu (21/4). 

TRIBUNCIREBON.COM - Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon sudah rampung. Masyarakat Cirebon kini dapat menikmati wajah baru Alun-alun Kejaksan setelah diresmikan Ridwan Kamil.

Sebelum direvitalisasi, Alun-alun Kejaksan hanya berupa lapangan yang biasanya digunakan untuk upacara. Setelah direvitalisasi sejak 2019, Alun-alun Kejaksan punya banyak hal istimewa.

"Secara resmi proses pekerjaan revitalisasi Alun-alun Kejaksan telah selesai. Ini sangat istimewa dari berbagai hal. Pertama turut menyelesaikan kemacetan. Jadi alun-alun ini menyatu dengan halaman masjid yang didesain secara modern, namun tetap mengangkat nilai lokal. Jadi, tidak ada kendaraan, hanya ada orang-orang yang lalu lalang bergembira dan beribadah," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat peresmian Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021).

Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Hari Kartini, Rabu (21/4).
Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Hari Kartini, Rabu (21/4). (Istimewa)

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menuturkan salah satu keistimewaan ruang publik yang berada di Jalan Kartini tersebut yakni basemen berkapasitas 70 mobil dan 120 motor.

Di pintu utama alun-alun, dibangun dua gapura besar khas bangunan keraton setinggi 15 meter. Karakteristik bangunan keraton berwarna merah bata nampak hadir di berbagai sudut alun-alun. 

Sebagai dukungan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Alun-alun Kejaksan memiliki shelter UMKM dan ekonomi kreatif.

Kemudian ada pameran kesenian dan micro library di bagian barat alun-alun. Kang Emil meminta masyarakat merawat Alun-alun Kejaksan dengan menjaga kebersihan. Selain itu, karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, Satpol PP diminta tegas apabila ada pelanggaran protokol kesehatan.

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved