Breaking News:

Info Gempa Hari Ini

Jika Gempa Bumi Terjadi, Ingat Triangle of Lige, Cari Perlindungan di Kolong Meja atau Bawah Tangga

Tehnik tersebut, diakui Afyu sudah dipelajarinya saat ketika masih sekolah dasar, karena ilmu tersebut sangat penting diaplikasikan ketika darurat

Istimewa/Tribunnews
Berlindung di bawah meja merupakan salah satu bagian dari tehnik Triangle of Life saat gempa terjadi. 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNCIREBON.COM, SUBANG - Beberapa tehnik penyelamatan perlu dilakukan saat terjadi gempa bumi. Hal ini juga sering diajarkan ketika kita masih duduk di sekolah dasar.

Salah satu yang paling familiar adalah teknik berlindung di tempat yang sempit, atau yang biasa disebut dengan teknik Triangle of Life. Apakah yang dimaksud dengan Triangle of Life?

Anggota Aliansi Relawan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang Afyu Bintoro menjelaskan, Triangle of Life merupakan suatu teori yang menyarankan agar kita berlindung di samping atau bawah furniture yang ada di sekeliling untuk membangun suatu segitiga yang dapat menjadi penyangga saat plafon rumah jatuh akibat guncangan.

"Itu teknik dasar, nanti segi tiga kehidupan atau nama tekniknya Triangle of Life itu sebagai pelindung atau penyangga kita dari runtuhan material yang jatuh," ujar Afyu ketika dikonfirmasi Tribun melalui sambungan telepon, Jumat (24/4/2021).

Tehnik tersebut, diakui Afyu sudah dipelajarinya saat ketika masih sekolah dasar, karena ilmu tersebut sangat penting diaplikasikan ketika dalam keadaan darurat.

"Tekniknya sederhana, namun teknik itu memang sangat berguna dalan keadaan darurat, hal-hal semacam itu sudah kita pelajari saat SD loh," imbuhnya.

Baca juga: Daftar Harga HP OPPO Terbaru di Bulan Ramadan April 2021, Mulai Oppo A92, Oppo A11K, Hingga Reno5

Baca juga: Persib Bandung Keok dari Persija Jakarta, Robert Alberts Soroti Kinerja Dua Pemain di Posisi Ini

Baca juga: Nathalie Holscher Hamil, Istri Sule Itu Langsung Nangis Kejer, Isu Hapus Foto Sule pun Terlupakan

Dia mengungkap, edukasi semacam itu juga diberikan gurunya melalui sebuah lagu atau nyanyian yang mudah diingat.

"Kita pasti masih ingat kan, liriknya begini, 'Kalau ada gempa lindungi kepala, kalau ada gempa masuk ke kolong meja' nah itu nyanyian yang sebetulnya mempraktikkan teknik Triangle of Life itu," kata dia.

Afyu juga mengungkap selain Triangle of Life, teknik menyelamatkan diri yang sederhana pada saat terjadi gempa adalah tehnik Drop Cover Hold On.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved