Breaking News:

Jokowi Langsung Dapat Keluhan Soal Pupuk Subsidi dari Petani di Indramayu, Mentan Jelaskan Begini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat keluhan soal pupuk subsidi dari para petani saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten Indramayu, Rabu (21/4/2021).

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mendapat keluhan soal pupuk subsidi dari para petani saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten Indramayu, Rabu (21/4/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat keluhan soal pupuk subsidi dari para petani saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten Indramayu, Rabu (21/4/2021).

Para petani mengeluhkan, pupuk subsidi sangat sulit dicari sehingga mereka terpaksa harus menggunakan pupuk non subsidi.

"Tadi juga saya menerima keluhan dari petani soal pupuk subsidi terutama, yang masih sering hilang pupuknya, sulit dicari. Ini masukan yang baik," ujar Jokowi di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu.

Baca juga: Warga Sambut Kedatangan Jokowi di Indramayu, Emak-emak Teriak Saat Lambaian Tangan Dibalas Presiden

Baca juga: Jokowi Sebut Jika Mudik Tak Dilarang, Covid-19 Diprediksi Tembus 140.000 Kasus per Hari

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menambahkan, adanya keluhan ini, membuat pihaknya akan lebih mengontrol tata kelola pupuk subsidi di lapangan.

Termasuk dari sisi harga, yakni harus sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah diatur pemerintah.

"Kalau ada yang berani main-main dengan pupuk, saya akan minta aparat untuk langsung melakukan penindakan, ini harus dikontrol betul," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang petani, Kaedi mengatakan, persoalan pupuk ini memang menjadi permasalahan yang paling dirasakan.

Selain memastikan ketersediaan pupuk non subsidi, ia pun berharap, pemerintah bisa mengatur harga pupuk agar bisa menyesuaikan dengan harga padi.

Menurutnya, walau sudah terdaftar dalam elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK), para petani dibatasi hanya boleh membeli pupuk subsidi maksimal untuk 2 hektare sawah saja.

Halaman
123
Penulis: Handhika Rahman
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved