Breaking News:

Belasan Bakal Calon Kepala Desa di Majalengka Jalani Uji Kompetensi, Persiapan Pilkades 22 Mei 2021

Seleksi tambahan ini, khusus bagi desa yang memiliki jumlah bakal calon melebihi kuota yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Sebanyak belasan bakal calon kepala desa dari dua desa di Kabupaten Majalengka menjalani uji kompetensi di Auditorium salah satu hotel di Majalengka, Rabu (21/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Sebanyak belasan bakal calon kepala desa dari dua desa di Kabupaten Majalengka menjalani uji kompetensi di Auditorium salah satu hotel di Majalengka, Rabu (21/4/2021).

Seleksi tambahan ini, khusus bagi desa yang memiliki jumlah bakal calon melebihi kuota yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Sekertaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman mengatakan, bahwa Pilkades serentak tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada 22 Mei 2021 ada beberapa tahapan yang harus dilalui bacades (bakal calon kepala desa).

Di antaranya penjaringan bakal calon kepala desa.

"Pelaksanaan penjaringan ini dikarenakan di desa tersebut calon kepala desanya lebih dari 5 bakal calon. Ini merupakan mekanisme tahapan dalam peraturan pilkades," ujar Eman, Rabu (21/4/2021).

Eman menyatakan, penjaringan calon kepala desa harus independen dan transparan.

Sehingga, menghasilkan pelaksanaan Pilkades yang berjalan dengan aman, damai,  tertib dan kondusif.

"Pesta demokrasi tingkat desa ini bisa menghasilkan pemimpinan yang benar-benar harapan masyarakat, sehingga bisa membawa perubahan bagi desa tersebut baik pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat desanya," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Hendra Krisniawan menambahkan, bahwa dalam tahapan pilkades serentak uji kompetensi dilakukan jika jumlah calon kepala desa di suatu desa lebih dari 5.

Halaman
12
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved