Breaking News:

Bangunan Rumah Warga Terdampak Waduk Kuningan di Desa Kawungsari Baru Selesai 80 Persen

Upaya pemerintah dalam menyelesaikan program pembangunan Waduk Kuningan terus dilakukan.

Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Sekda Kuningan Dian Rahmat Yanuar saat mendampingi Direktur Jenderal Perumahan Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Dr. H. Khalawi Abdul Hamid melakukan Kunjungan Kerja di Lokasi Pembagunan Rumah Warga Desa Kawungsari yang terdampak Pembangunan Waduk Kuningan, Rabu (21/4/2021). 

Laporan Kontributor Tribuncirebon.com, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Upaya pemerintah dalam menyelesaikan program pembangunan Waduk Kuningan terus dilakukan.

Begitupun dengan pembangunan rumah warga terdampak pembangunan waduk tersebut, di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan Jawa Barat.

Hal itu dikatakan Sekda Kuningan, H Dian Rahmat Yanuar saat mendapangi kunjungan kerja Direktur Jenderal Perumahan Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Dr. H. Khalawi Abdul Hamid.

Baca juga: Sejumlah Wilayah di Kuningan akan Gelap Besok, Kamis 22 April 2021 karena Ada Pemadaman Listrik

Baca juga: Anggota DPRD Kuningan Kunjungi Abah Sarji dan Buka Puasa Bersama Sekaligus Syukuran untuk Persib

Kunjungan tersebut, kata Dian mengaku sekaligus sebagai peninjauan Progres Pembangunan rumah khusus berlokasi di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibeurem, yang terdampak dari pembangunan Bendungan Kuningan.

“Saat kami meninjau lokasi pembangunan rumah terdampak pembangunan Bendungan Kuningan. Dengan progress pembangunan 419 rumah sudah mencapai 70 %. Adapun 25 unit rumah khusus sampel sudah selesai,” kata Dian lagi, Rabu (21/4/2021).

Menghadapi Bulan Juni mendatang, kata Dian mengaku bahwa pembangunan rumah sudah selesai 100 %. Hal itu menyusul akan terjadinya digenangan sebagaioperasi perdana Bendungan Kuningan ini.

“Pemkab Kuningan dan masyarakat terdampak menyambut relokasi ini dengan gembira. Semoga dengan bantuan dari Pemerintah ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Total rumah yang dibangun sebanyak 444 unit untuk lahan yang disiapkan 7,2 ha. Warga yang direlokasi ini  80 % berasal dari Desa Kawungsari dan sisanya Randusari dan  Sukarapih,” ujarnya.

Lokasi  Bendungan Kuningan di desa Kawungsari, Kecamatan Cibereum otomatis menjadi sumber daya air bagi Kabupaten Kuningan dan akan menjadi sumber irigasi hingga seluas 3.000 hektar. 

“Lokasi Bendungan bukan hanya sebagai bendungan yang bisa menampung air saja, namun bisa dimanfaatkan sebagai irigasi serta sebagai obyek wisata karena kondisi alam disini luar biasa indahnya,” ungkapnya. (*)

Baca juga: Bobotoh Geulis Asal Indramayu Ini Penuh Keyakinan Ungkap Prediksi Soal Laga Final Persib vs Persija

Baca juga: LINK Live Streaming Persib vs Persija, Ezra: Macan Kemayoran Tim Kuat Tapi Maung Bandung Siap Tempur

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved