Breaking News:

Petani Kuningan Timur Kembangkan Tanaman Porang, Wabup Janji Berikan Pendampingan Agar Berkualitas

dukungan untuk membudidayakan tanaman porang, karena harga jualnya cukup tinggi. Untuk porang basah saat ini mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 12 ribu/kg

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda memberikan motivasi kepada petani Porang saat kunjungan kerja di Desa Margabakti Kecamatan Cimahi Kuningan, Jumat (16/4/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Muncul pengembangan lahan pertanian porang di Kuningan timur,  di Desa Margabakti, Kecamatan Cimahi, Kuningan, Jawa Barat, mendapat dukungan dari Wakil Bupati Kuningan, HM Rdigo Suganda.

“Kami sangat mengapreasiasi dan mendorong Pemerintah Desa Margamukti, dalam membudidayakan tanaman porang. Sebab hasil tanaman itu memiliki potensi menjanjikan serta bernilai ekonomi tinggi,” ungkap Edo sapaan Wakil Bupati Kuningan di sela kegiatan kunjungan kerja di desa setempat, Jum’at (16/4/2021).

Menurut Edo, dukungan untuk membudidayakan tanaman porang, karena harga jualnya cukup tinggi. Untuk porang basah saat ini mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram. 

“Sedangkan yang keringnya mencapai Rp 40 ribu per kilogram dan ini cukup menjanjikan. Selain itu, adanya pemberdayaan masyarakat, khususnya ibu-ibu yang diberdayakan dalam merawat porang ini," ungkap Edo lagi saat di Saung Badul area perkebunan porang desa setempat.

Baca juga: 16 ABK Selamat dalam Kebakaran Kapal saat Perjalanan Pulang dari Tuban, Mayoritas dari Indramayu

Baca juga: VIDEO Sholawat Allahul Kafi Dilengkapi Lirik, Terjemahan, Keutamaan, dan Pernah Dibagikan Gus Mus

Edo akan meminta pendampingan khusus terhadap petani porang ini ke Dinas Pertanian.

“Untuk teknis silakan Pak Kuwu ajukan melalui program kerja secara kepemerintahan. Sebab melalui budidaya porang tentu dapat memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu pekerja budidaya porang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” ungkapnya.

Wabup Edo mengatakan, sebaiknya pengembangan usaha tani tidak hanya porang, melainkan ada komoditas komoditas pertanian yang bernilai ekonomi tinggi dan berpotensi lainnya untuk dikembangkan di Kabupaten Kuningan.

“Usaha pertanian di Kuningan hingga sekarang masih sangat menjanjikan bagi kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Di tempat sama Kepala Desa Margamukti, Jumhadi, mengaku sangat senang atas kunjungan kerja dan motivasi Wakil Bupati tersebut.

 “Apalagi dalam mengembangkan budidaya tanaman porang untuk di desa kami, luas lahan yang juga tanah desa ada 2 hektare. Semoga ke depan bisa memberikan keuntungan lebih bagi penghidupan masyarakat desa,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved