Breaking News:

Dubes Arab Saudi di Indonesia Bilang Ada Ibadah Haji, tapi Kuota Haji Dibatasi

Esam kembali belum bisa memastikan kapan kabar penyelenggaraan haji itu resmi diumumkan kepada masyarakat Indonesia.

Associated Press/Mosa'ab Elshamy
Jemaah haji mengeliling Ka’bah di Mekkah, Saudi Arabia. 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA- Duta Besar ( Dubes ) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Altaghafi, memastikan ada penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2021, namun dengan kuota haji yang sangat terbatas.

Esam kembali belum bisa memastikan kapan kabar penyelenggaraan haji itu resmi diumumkan kepada masyarakat Indonesia.

"Insyaallah akan ada ibadah haji, tapi kami akan menunggu kabar lebih lanjut. Tapi pasti akan ada ibadah haji (di tahun ini) Insyaallah, untuk muslim di Indonesia dan seluruh muslim di dunia," kata Esam kepada wartawan di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kamis (15/4/2021).

Dubes Esam mengatakan kemungkinan vaksin akan sangat penting sebagai regulasi peserta haji. Selain itu kuota haji tahun 2021 ini akan sangat dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan haji berlangsung.

"Vaksin itu mungkin salah satunya. Mungkin kuota akan sangat dibatasi, tapi kuota untuk Indonesia tidak sama seperti negara lain," ujarnya.

Ketua Bidang Pengurus MUI Pusat, KH Cholil Nafis, mengatakan sempat ada perbincangan antara dirinya dan Dubes Esam. Perbincangan itu hanya terbatas soal kuota. Dubes Arab Saudi itu tidak menyebutkkan berapa dan kapan kepastian haji akan diumumkan. 

"Saya hanya nanya tadi sedikit apakah ada haji, insyaallah ada, tapi sedikit. kuotanya sedikit," ujarnya.

Wewangian

Selama Ramadan, Masjidil Haram dan Ka'bah diharumkan dengan wewangian berkualitas tinggi yang dilakukan sepuluh kali dalam sehari.

Kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), seperti dilansir Arab News, melaporkan kegiatan pengharuman  Masjidil Haram dan Ka'bah dipandang sebagai tindakan pelayanan dan penghormatan untuk situs tersuci umat Islam.

Hal ini bertujuan untuk memberikan suasana spiritualitas dan kesucian kepada ribuan orang yang berkunjung, berdoa dan menunaikan ibadah umrah di masjid.

Enam puluh pembakar dupa digunakan setiap hari untuk membakar 60 kilogram oud (gaharu) di masjid. (tribun Network/ras/wly)

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved