Breaking News:

Indahnya Masjid Al-Muthmainah, Masjid Bergaya Eropa di Pelosok Indramayu

Gaya Eropa yang paling tampak di masjid itu adalah lima tiang Romawi putih. Tiang-tiang tersebut menjadi gerbang masuk halaman Masjid Al-Muthmainah

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Masjid Al-Muthmainah di Desa Cikedung Lor, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Selasa (13/4/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM -  Masjid Al-Muthmainah di Desa Cikedung Lor, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, menyita perhatian. Meski lokasinya jauh di pelosok pedesaan, tampilan Masjid Al-Muthmainah didesain bergaya Eropa

Gaya Eropa yang paling jelas terlihat di masjid itu adalah lima tiang Romawi putih. Tiang-tiang tersebut menjadi gerbang masuk halaman Masjid Al-Muthmainah dari jalan raya.

Selain itu, di halaman masjid juga terdapat taman dengan berbagai tanaman hijau. Ada pula beberapa ornamen lampu taman seperti di Eropa.

Tidak hanya itu, di beberapa titik bagian masjid juga terdapat berbagai bentuk ukiran yang terbuat dari kayu dan kapur yang menambah kecantikan Masjid Al-Muthmainah.

Seorang warga, Maulana Yusuf, mengatakan Masjid Al-Muthmainah dibangun oleh Rohadi, mantan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Masjid itu diresmikan oleh Bupati Indramayu, yang pada saat itu dijabat Anna Sophanah pada 2013.

Maulana Yusuf, yang juga menjadi pengurus masjid tersebut mengatakan, Masjid Al-Muthmainah dahulu sengaja dibangun dengan desain menarik oleh Rohadi agar masyarakat setempat mau beribadah di masjid.

Cita-cita Rohadi tercapai. Jemaah selalu berbondong-bondong datang untuk salat fardu berjamaah.

Tak semua jemaah yang datang ke masjid ini warga Desa Cikedung Lor. Banyak juga di antaranya para musafir. Itu terlihat dari barang bawaan mereka saat tiba di masjid. 

Di Desa Cikedung Lor, ujar Maulana, Rohadi dikenal sebagai tokoh masyarakat. Di kampung halamannya, Rohadi juga dikenal sebagai warga yang semawan.

"Ia banyak membantu masyarakat. Selain membangun masjid, ia juga membangun RS Reysa agar masyarakat setempat bisa berobat tanpa mesti menempuh jarak yang jauh," ujar Maulana di Desa Cikedung Lor, Selasa (13/4/2021).

Tak hanya itu, Rohadi juga bercita-cita membuat Desa Cikedung Lor mempunyai pusat ekonomi tersendiri dengan berbagai fasilitas penunjang.

"Kata warga di sini, Pak Rohadi juga sempat berniat membangun sekolah, jadi nanti di sini lengkap ada sekolah ada rumah sakit, masjid, dan lain-lain," ujarnya. "Namun, hal itu belum sempat diwujudkannya," kata Maulana.

Keunikan Masjid Al-Muthmainah bukan saja membuat Desa Cikedung Lor menjadi terkenal, tapi juga menjadi semacam tujuan wisata baru di Kecamatan Cikedung.

Banyak jemaah dari berbagai penjuru Indramayu datang bukan saja untuk melaksanakan salat, tapi juga untuk menikmati keindahan masjid yang unik ini. (*)

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved