Breaking News:

Gempa Bumi Hari Ini

Gempa 5,1 Maganitudo Mengguncang Wilayah Selatan Jawa Barat, Begini Kata Masyarakat di Pangandaran

Getaran gempa bumi 5,1 Magnitudo yang mengguncang wilayah selatan Jawa barat, tidak berdampak terhadap masyarakat di Pangandaran. 

Tribun Jabar/Andri M Dani
ILUSTRASI: Tagana Pangandaran memantau Pantai Pangandaran pascagempa 5,6 Skala Richter, Sabtu (18/5/2019). Saat gempa, Pangandaran tengah sepi pengunjung. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNCIREBON.COM, PANGANDARAN - Getaran gempa bumi 5,1 Magnitudo yang mengguncang wilayah selatan Jawa barat, tidak berdampak terhadap masyarakat di Pangandaran

Malahan, mereka banyak yang tidak tahu dengan adanya gempa bumi yang sudah terjadi.

Seperti yang diutarakan warga Kalipucang, Wawan (42) mengaku mengenai adanya gempa Ia tidak tahu.

"Habis mandi lohor sampai sekarang (14:00) saya diruangan rumah, tidak tahu ada gempa. Paling terasa mobil truk lewat aja, dan itu sudah biasa karena rumah saya dekat jembatan jalan raya Pangandaran, jadi biasa ada getaran mobil lewat. Tapi apa itu gempa atau bukan, Saya tak tahu," ujar Wawan kepada Tribunjabar.id di rumahnya, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Getaran Gempa Terasa Hingga ke Situs Gunung Padang Cianjur, Sebuah Saung Goyang Kena Gempa

Baca juga: Gempa Bumi di Siang Bolong Kagetkan Warga Sukabumi, Berkekuatan Magnitudo 5,1 Berpusat di Bayah

Sementara, Korpos Pangandaran, Edwin Purnama mengatakan gempa yang terjadi tidak dirasakan olehnya.

"Saya sedang masih pencarian korban di pantai Karapyak kang, Alhamdulillah adanya gempa tidak terasa, kalau masih sekian SR belum kerasa," ucap singkat WhatsAppnya.

Sebelumnya BMKG menyebut telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,1 M hari Rabu, (14/4/2021) pukul 13:28:40 WIB wilayah Selatan Jawa Barat diguncang gempa tektonik, namun tidak berpotensi tsunami. 

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=5,1 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=4,9. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,4 LS dan 105,92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 21 km. 

Halaman
12
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved