Breaking News:

Gempa Bumi Hari Ini

Gempa 5,1 Maganitudo Mengguncang Wilayah Selatan Jawa Barat, Begini Kata Masyarakat di Pangandaran

Getaran gempa bumi 5,1 Magnitudo yang mengguncang wilayah selatan Jawa barat, tidak berdampak terhadap masyarakat di Pangandaran. 

Editor: dedy herdiana
Tribun Jabar/Andri M Dani
ILUSTRASI: Tagana Pangandaran memantau Pantai Pangandaran pascagempa 5,6 Skala Richter, Sabtu (18/5/2019). Saat gempa, Pangandaran tengah sepi pengunjung. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNCIREBON.COM, PANGANDARAN - Getaran gempa bumi 5,1 Magnitudo yang mengguncang wilayah selatan Jawa barat, tidak berdampak terhadap masyarakat di Pangandaran

Malahan, mereka banyak yang tidak tahu dengan adanya gempa bumi yang sudah terjadi.

Seperti yang diutarakan warga Kalipucang, Wawan (42) mengaku mengenai adanya gempa Ia tidak tahu.

"Habis mandi lohor sampai sekarang (14:00) saya diruangan rumah, tidak tahu ada gempa. Paling terasa mobil truk lewat aja, dan itu sudah biasa karena rumah saya dekat jembatan jalan raya Pangandaran, jadi biasa ada getaran mobil lewat. Tapi apa itu gempa atau bukan, Saya tak tahu," ujar Wawan kepada Tribunjabar.id di rumahnya, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Getaran Gempa Terasa Hingga ke Situs Gunung Padang Cianjur, Sebuah Saung Goyang Kena Gempa

Baca juga: Gempa Bumi di Siang Bolong Kagetkan Warga Sukabumi, Berkekuatan Magnitudo 5,1 Berpusat di Bayah

Sementara, Korpos Pangandaran, Edwin Purnama mengatakan gempa yang terjadi tidak dirasakan olehnya.

"Saya sedang masih pencarian korban di pantai Karapyak kang, Alhamdulillah adanya gempa tidak terasa, kalau masih sekian SR belum kerasa," ucap singkat WhatsAppnya.

Sebelumnya BMKG menyebut telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,1 M hari Rabu, (14/4/2021) pukul 13:28:40 WIB wilayah Selatan Jawa Barat diguncang gempa tektonik, namun tidak berpotensi tsunami. 

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=5,1 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=4,9. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,4 LS dan 105,92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 21 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).  

Dampak Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kalapanunggal, Cisaat Kab. Sukabumi III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Jakarta, Bayah, Pelabuhan Ratu, Palangpang Ciemas, Sagaranten, Curug Kembar II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI. 

Hingga hari Rabu, 14 April 2021 pukul 13.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( _aftershock_ ). 

BMKG menghimbau, Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ucap BMKG

BMKG menegaskan, untuk informasi resmi pastikan hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. *

Baca juga: ANTISIPASI MUDIK DINI, Ridwan Kamil: Penyekatan Mudik Juga Akan Dilakukan Sebelum 6 Mei 2021

Baca juga: Ini 9 Titik Pos Penyekatan Kendaraan di Wilayah Hukum Polresta Cirebon Jika Anda Nekat Mudik

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved