Breaking News:

Ditipu Sponsor, Keluarga Adik Kakak yang Nyaris Jadi Korban Trafficking Sudah Curiga Sejak Awal

Noy sudah mewanti-wanti agar keponakannya itu lebih berhati-hati ketika akan menjadi TKW dengan sponsor yang tidak jelas

Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
9 orang TKW termasuk 2 orang asal Sumedang yang nyaris jadi korban trafficking hingga telantar di Yordania, tiba di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Keluarga dari Tenaga Kerja Wanita (TKW) kakak adik Herni Marlina (30), dan Resti Yustirawati (23) yang nyaris menjadi korban trafficking sudah curiga terhadap sponsor penyalur tenaga kerja yang memberangkatkan mereka.

Seperti diketahui, warga Gunungdatar, RT 01/05, Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang itu sempat terlantar di Bandara Internasional Queen Alia Amman, Jordania setelah tertipu sponsor asal Jawa Timur.

Bibi Herni, Noy Fatimah (51), mengatakan, kecurigaan terhadap sponsor itu karena saat berangkat, Herni tidak mengurus administrasi, baik dari desa maupun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Kabupaten Sumedang.

"Saya sudah curiga kenapa jadi TKI begitu mudah. Di Jakarta juga 2 minggu lebih ditampung tanpa ada pelatihan," ujar Noy saat ditemui di kediamannya, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Kuota Internet Gratis Disalurkan Kemendikbud Mulai Hari Ini, Begini Cara Daftar Nomor Penerima

Baca juga: Bupati Indramayu Tak Setujui Izin 17 ASN Ikut Pilkades, Ini Alasan Nina Agustina

Baca juga: Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 1442 H Digelar Senin Besok, Berikut Daftar Lokasi Pantau Hilal

Karena pihaknya curiga, Noy sudah mewanti-wanti agar keponakannya itu lebih berhati-hati ketika akan menjadi TKW dengan sponsor yang tidak jelas karena ditakutkan, penyalur atau sponsornya ilegal.

"Dan ternyata itu terbukti," katanya.

Ia mengatakan, dirinya sudah mendapat informasi bahwa dua orang keponakannya tersebut terlantar di Jordania setelah berangkat dari rumahnya seorang diri pada awal Maret 2021 yang lalu.

"Awalnya dia bilang mau kerja di Abu Dhabi, tapi waktu hari Jumat (9/4) saya malah dapat kabar mereka terlantar di sana (Jordania)," ucap Noy.

Awalnya, dia mengira hanya Herni saja yang berangkat, namun belakangan diketahui bahwa adik Herni, yang bernama Resti juga ikut dengan tujuan yang sama.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved