Breaking News:

SIAP-siap! PPDB SMA dan SMK Jabar 2021 Akan Digelar secara Online, Ini Jadwal dan Kuotanya

uji publik terkait draft atau rancangan Peraturan Gubernur Jawa Barat, serta Petunjuk teknis pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB)

siap-ppdb.com
ILUSTRASI PPDB ONLINE 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menggelar uji publik terkait draft atau rancangan Peraturan Gubernur Jawa Barat, serta Petunjuk teknis pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) Tahun 2021 secara online atau virtual, Senin (5/4/2021).

Dalam pembahasan tersebut, dijelaskan bahwa pelaksanaan PPDB Tahun 2021 untuk jenjang pendidikan SMA/SMK akan dilaksanakan secara daring karena situasi pandemi covid-19 yang belum selesai. 

Sekertaris I PPDB Jabar 2021, Dian Penisiani mengatakan, tahap pendaftaran PPDB dijadwalkan berlangsung dalam dua tahap yaitu, tahap pertama yang akan dimulai pada 7 Juni 2021, dan tahap kedua, 24 Juni 2021.

Baca juga: SAMBUT Ramadhan, Tiga Aplikasi Ini Bisa Atur Aktivitas di Bulan Ramadan, Termasuk Jadwal Imsakiyah

Baca juga: INGAT, BLT UMKM Diluncurkan 20 April 2021, Sektor Pariwisata Juni 2021

"Pendaftaran PPDB di tahap pertama ini akan dibuka untuk  pendaftaran jenjang pendidikan SMA yang melalui jalur seleksi prestasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orangtua, dan/atau anak guru, kemudian tahap dua untuk pendaftaran jalur seleksi zonasi," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Senin (5/4/2021)

Kemudian untuk pendaftaran jenjang pendidikan SMK, umumnya seluruh jalur seleksi dilaksanakan pada tahap pertama, meliputi, jalur afirmasi, jalur prioritas domisili terdekat, jalur perpindahan tugas orangtua dan atau anak guru, serta jalur prestasi nilai rapor unggulan. Sedangkan, pendaftaran di tahap kedua, hanya seleksi jalur rapor umum.

Dian menuturkan, tahap uji publik terkait rancangan petunjuk teknis pelaksanaan PPDB yang digelar Disdik Jabar hari ini melibatkan 45 komponen asosiasi, federasi, komite, para kepala dinas dan tim ahli terkait.

Hasilnya, kata Dian tidak ada perubahan besar dari sejumlah usulan yang disampaikan baik secara langsung dalam forum rapat virtual, maupun secara tertulis. 

Usulan tersebut, lanjutnya akan menjadi bahan kajian dan evaluasi sebelum ditetapkan dalam Peraturan Gubernur terkait petunjuk teknis pendaftaran dan pelaksanaan PPDB 2021.

Kemudian, selanjutnya akan disosialisasikan kepada masyarakat, yang direncanakan pada pekan depan atau minggu kedua di bulan April 2021.

Halaman
12
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved