Breaking News:

Tabrakan Kapal di Perairan Balongan

15 ABK MV Barokah Jaya yang Selamat Sudah Dipindahkan ke KN SAR Wisnu Jakarta, Kondisi Aman

ABK yang selamat berhasil dievakuasi oleh awak kapal yang ditabraknya, MV Habco Pioneer, tak lama setelah terjadi tabrakan.

Istimewa
KN SAR Wisnu 103, kapal milik Basarnas, mengevakuasi 15 ABK Barokah Jaya yang selamat setelah kapal bertabrakan dengan MV Harco Pioneer di perairan Indramayu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Sebanyak 15 anak buah kapal (ABK) nelayan MV Barokah Jaya berhasil selamat dari musibah tabrakan dua kapal di Perairan Indramayu, Sabtu (3/4/2021).

Sementara 17 ABK lainnya hilang dan masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan.

ABK yang selamat berhasil dievakuasi oleh awak kapal yang ditabraknya, MV Habco Pioneer, tak lama setelah terjadi tabrakan.

Saat ini, ke-15 ABK itu sudah dipindahkan ke Kapal Negara (KN) SAR Wisnu 102 milik Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) yang turut dikerahkan dalam operasi SAR ini.

Informasi kondisi ABK yang selamat ini disampaikan Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, Minggu (4/4/2021) pagi.

Menurut Deden, sebanyak 15 korban selamat yang sudah dievakuasi oleh MV Habco Pioneer telah dipindahkan ke KN SAR Wisnu Jakarta pada pukul 06.55 WIB.

Hari Minggu (4/4/2021) ini, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian ABK pada hari kedua.

Baca juga: AC Milan Gagal Menang Lawan 10 Pemain Sampdoria, Tertinggal 5 Angka di Belakang Inter Milan

Baca juga: Istrinya Baru Melahirkan, Sopir Taksi Main Gila dengan Perempuan Lain, Cium Tangan Istri Minta Maaf

Baca juga: Hati Jokowi Tersentuh, Kirim Utusan Antar Bantuan untuk Istri Terduga Teroris yang Terlilit Utang

Selain KN SAR Wisnu, kata Deden, pencarian juga dibantu KM Baru Rugem, dan RIB 09 Bandung. Selain itu, Tim SAR Gabungan juga akan melakukan penyelaman oleh tim penyelam BSG (Basarnas Special Group).

"Jika korban ditemukan selanjutnya korban akan dievakuasi menggunakan KN SAR Wisnu. Hingga saat ini 17 orang masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Unsur SAR terlibat yaitu Kansar Bandung, Kansar Jakarta, Lanal Cirebon, UPP Indramayu, Satpolair Polres Cirebon dan  HNSI Indramayu. Alut yang digunakan yaitu KN SAR Wisnu, RIB 09 Bandung, KM Baru Ragem,  Truck personil 1 unit,  Rescue car doble cabin 1 unit dan Rescue carrier 1 unit.

Seperti diberitakan sebelumnya, telah terjadi insiden kecelakaan laut, dua kapal diketahui bertabrakan.

Yakni, kapal nelayan Barokah Jaya menabrak MV Habco Pioneer di Perairan Indramayu pada Sabtu (3/4/2021) sekitar pukul 16.45 WIB. Kapal nelayan itu kemudian terbalik.

Adapun titik lokasi kejadian terjadi di sekitar LKP pada koordinat 5°37'35.00"S-108°17'18.00"E.

Ada 32 ABK MV Barokah Jaya, sebanyak 15 orang di antaranya sudah berhasil dievakuasi dan 17 orang lainnya masih dilaporkan hilang. (*)

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved