Breaking News:

Kapolres Kuningan Minta Warga Segera Lapor Polisi Jika Temukan Hal Mencurigakan dan Ganggu Kamtibmas

menerapkan aturan akses keluar masuk di setiap gereja menjadi satu pintu, sehingga memudahkan pengecekan dan pemeriksaan terhadap setiap Jemaat

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya saat melakukan pengawasan di sejumlah rumah ibadah di Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIDEBON.COM, KUNINGAN - Sejumlah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Nusantara, seperti aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral di Makassar dan penerobosan terduga teroris di lingkungan Mabes Polri  menjadi evaluasi dan perhatian Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya.

Kapolres mengawasi langsung rumah ibadah agama Kristen di Kuningan untuk memberikan rasa aman kepada umat Kristiani yang melakukan ritual keagamaan yang mereka yakini sebagai bentuk ibadah.

"Kami tekankan untuk anggota Polisi itu harus mencerminkan sebagai petugas pengamanan yang selalu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Jika ada hal mencurigakan terjadi di lingkungan masyarakat dan atas laporan warga, petugas harus bergegas dan berikan pelayanan tersebut," ungkap Kapolres, Sabtu (3/4/2021).

Menurut Kapolres Doffie, apapun yang terjadi di lingkungan masyarakat, petugas di lapangan tidak lepas melakukan koordinasi dan komunikasi dengan anggota lainnya.

"Apalagi ketika mendapati kecurigaan warga asing di lingkungan, sudah sepatutnya petugas kepolisian peka terhadap warga tersebut," ungkapnya.

Selama di lingkungan rumah ibadah pemeluk agama Kristen, Kapolres juga memerintahkan agar setiap anggota melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap jemaat.

Baca juga: Di Sini Tempat Akad Nikah Aurel & Atta Halilintar, Putri Anang Share Video Mengharukan Jelang Nikah

Baca juga: Jelang Laga Real Madrid Vs Liverpool di Liga Champions, Eden Hazard Sudah Ikut Berlatih, Siap Tampil

Baca juga: Kang Ujang Busthomi Lantunkan Sholawat untuk Usir Setan Belek Bersama Cici Paramida dan Siti KDI

Selain itu menerapkan aturan akses keluar masuk di setiap gereja menjadi satu pintu, sehingga memudahkan pengecekan dan pemeriksaan terhadap setiap Jemaat yang datang.

"Demikian kepada semua jemaat yang hadir agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat serta peka terhadap orang-orang yang tidak dikenal," ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan pengecekan pengamanan di sejumlah gereja di Kuningan itu dilakukan sejumlah Anggota Polri, TNI, Satpol PP Kab. Kuningan, Dishub Kab. Kuningan, Ormas Pemuda Batak Kuningan dan Ormas Pejuang Siliwangi

Beberapa lokasi gereja yang dilakukan pemeriksaan pengamanan tersebut diantaranya: Gereja Kristen Indonesia, Jl Siliwangi, Kuningan, Gereja Pantekosta di Indonesia Efferat, Jl Pasar Kepuh, Kuningan, Gereja Bethel Indonesia, Jl Ahmad Yani, Cigugur, Kuningan, Gereja Kristen Pasundan, Cigugur, Kuningan dan Gereja Khatolik Kristus Raja, Cigugur, Kuningan. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved