Breaking News:

Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Melanda Perairan Palabuhanratu Sukabumi, Kecepatannya Capai 35 Knot

Gelombang tinggi terjadi di perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021).

TribunJabar.id/M Rizal Jalaludin
ILUSTRASI: Gelombang pasang kembali terjadi di laut pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (9/5/2020) 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, M Rizal Jalaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Gelombang tinggi terjadi di perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021).

Pengamat Meteorologi Geofisika BMKG Bandung, Andy Rachmadan mengatakan, gelombang tinggi diperkirakan mencapai ketinggian 4 meter.

"2 sampai 4 meter untuk selatan Jawa, tergolong gelombang sedang sampai tinggi," ujarnya via pesan singkat.

Baca juga: Pelatih Senior Rudy Keltjes Alami Kecelakaan di Unesa Surabaya Setelah Latihan PON Jatim

Baca juga: TERNYATA Atta Halilintar Belajar Akad Nikah ke Gus Miftah Tadi Malam, untuk Jalani Nikah Hari Ini

Menurutnya, gelombang tinggi ini terjadi karena pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan mencapai 35 knot.

"Terdapat pola tekanan rendah 1005 hPa di Samudra Hindia barat Lampung dan Sirkulasi di Perairan Rote-Kupang. Pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan umunya bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-35 knot. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," terangnya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat melaut, juga kepada masyarakat atau wisatawan pantai agar tidak berenang terlalu tengah.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ucapnya.* (M Rizal Jalaludin)

Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved