Breaking News:

Sumedang Mantap Gelar KBM Tatap Muka Juli 2021, Bagaimana Kesiapan Sekolah? Begini Penjelasan Disdik

KBM tatap muka tersebut akan dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi: Sejumlah siswa mencuci tangan dengan sabun sebelum mengikuti uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di SMPN 2 Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). Pemkot Bekasi memperbolehkan aktivitas tatap muka di sekolah kembali berlangsung dengan alasan angka penularan Covid-19 di Kota sudah di bawah satu. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Setiap sekolah di Kabupaten Sumedang dipastikan sudah siap untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka karena sarana dan prasarananya memang sudah siapkan.

KBM tatap muka tersebut akan dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar mengatakan, semua sekolah yang akan menggelar KBK tatap muka harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Terbaring di Ranjang RS, Pelaku Duel Berdarah di Tasik Siap Datangi Lawan Duelnya Jika Sudah Sembuh

Baca juga: Sikap Amanda Manopo Bikin Arya Saloka Tertawa, Sering Perhatikan Kebiasaan Saat Syuting Ikatan Cinta

"Kami terus mempersiapkan saprasnya supaya sesuai protokol kesehatan. Setiap sekolah itu harus menyiapkan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh termasuk penyemprotan disinfektan," ujar Eka saat ditemui di kantornya, Rabu (31/3/2021).

Eka juga memastikan, bahwa pelaksanaan KBM tatap muka pada Juli 2021 ini, dipastikan akan dilaksanakan secara bergiliran atau tidak semua siswa langsung mengikuti KBM tatap muka.

"Jadi tidak langsung seluruh siswa melaksanakan pembelajaran seperti biasa, tetapi disesuaikan," katanya.

Artinya, kata Eka, kapasitas di setiap sekolah juga nantinya akan dibatasi supaya siswa saat mengikuti proses KBM tatap muka bisa tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam hal menjaga jarak.

"Tapi semua sekolah sudah siap, dan sebetulnya sejak jauh-jauh hari sekolah itu sudah mempersiapkan," ucap Eka.

Baca juga: Duel Berdarah Terjadi di Tasik, Warga Tak Berani Melerai, Dua Pria Saling Sabetkan Senjata Tajam 

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Kamis, 1 April 2021: Virgo Jangan Terpeleset, Aquarius Atasi Masalah Keuangan

Hal tersebut, kata dia, karena beberapa bulan ke belakang, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang akan melaksanakan KBM tatap muka, tepatnya pada bulan Januari 2021.

Hanya saja, kata Eka, karena situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 meningkat, pihaknya menangguhkan rencana KBM tatap muka tersebut.

"Sehingga untuk saat ini, kita akan mempersiapkan rencana tatap muka itu akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2021-2022," katanya.

Terkait pelaksanaan KBM tatap muka ini, pihaknya sudah menyampaikan ke setiap satuan pendidikan masing-masing agar melakukan sosialisasi ke setiap orang tua siswa.

Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved