Breaking News:

Sejumlah Polsek Tak Boleh Lagi Lakukan Penyidikan, Ini Kata Wakapolres Kuningan

Alasan alasan adanya kebijakan baru, seperti dari jarak tempuh dan selama satu tahun pembuatan Laporan Polisi kurang dari 10 laporan

Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Ilustrasi - Polsek Cicendo 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Muncul kebijakan Kapolri yang mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan ribuan Polsek di Indonesia yang masuk kriteria untuk tidak melakukan penyidikan.

Wakapolres Kuningan, Kompol Jaka Mulyana, membenarkan soal keluarnya surat keputusan Kapolri itu.

"Adanya kebijakan demikian itu memang benar. Di Kuningan Polsek yang termasuk tak boleh melakukan penyidikan itu diantaranya, Polsek Ciawigebang, Jalaksana, Cibingbin, Subang, dan Polsek Lebakwangi, Garawangi dan Polsek Pasawahan," ungkap Waka Polres Kompol Jaka saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (30/3/2021).

Adanya kebijakan itu jelas memiliki alasan. Menurut Wakapolres, alasan itu melihat dari geografis dan lokasinya pun masuk dalam penentuan larangan Polsek dalam melakukan penyidikan.

"Alasan alasan adanya kebijakan baru, seperti dari jarak tempuh dan selama satu tahun pembuatan Laporan Polisi kurang dari 10 laporan," ujarnya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Kuningan, AKP Danu Aditya Atmaja mengatakan, kebijakan ini hanya memangkas kebijakan Polsek dalam wewenang saja. "Iya Polsek tidak boleh melakukan penyidikan dan semua kasus itu masuk dan ditangani Satuan Reskrim," ungkapnya.

Baca juga: Sasaran Vaksinasi Lansia di Majalengka Masih Jauh dari Harapan, Baru 237 Orang dari Target 139.272

Baca juga: Dapat Maklumat Ketum AHY, Kader Partai Demokrat Kuningan Siap Tunduk Taat

Baca juga: Tahun Ini Mudik Dilarang Pengusahan Bus di Ciamis Terpaksa Jual Sawah demi Tutup Operasional

Ini daftar Polsek di wilayah Cirebon Indramayu Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) yang tidak bisa lagi melakukan proses penyidikan.

Kebijakan ini dikeluarkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Secara keseluruhan, tercatat, sebanyak 1.062 Polsek di seluruh Indonesia dinyatakan Kapolri untuk tidak lagi melakukan penyidikan.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan), per tanggal 23 Maret 2021 yang ditandatangani langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved