Breaking News:

Pemuda di Indramayu Rela Tinggalkan Skripsi 4 Tahun Demi Tekuni Bisnis Kopi, Begini Nasibnya Kini

Bermodal kecintaannya terhadap kopi, ia rela menekuni bisnis walau harus mengabaikan skripsinya selama kuliah selama 4 tahun lamanya.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
handhika Rahman/Tribuncirebon.com
Tri Utomo Rubiyanto (29), pemilik JTB Coffee di Jalan Sojar, Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Dunia usaha masih menjadi sesuatu yang asing bagi anak muda, hanya segelintir saja yang berani terjun di dunia yang satu ini.

Salah satunya adalah Tri Utomo Rubiyanto (29) warga Desa Eretan Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

Bermodal kecintaannya terhadap kopi, ia rela menekuni bisnis walau harus mengabaikan skripsinya selama kuliah selama 4 tahun lamanya.

Akan tetapi, semua itu kini terbayar luas.

Diusianya yang masih muda Tri Utomo Rubiyanto bahkan berhasil membuka peluang usaha bagi adik-adik tingkat di kampusnya Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, memberdayakan petani kopi, hingga memiliki kedai kopi sendiri dan mempekerjakan karyawan.

Baca juga: Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Ngopi di JTB Coffee Indramayu, Asli Kopi Lokal Gunung Ciremai

Baca juga: Nia Ramadhani Kembali ke RS Amerika, Istri Ardi Bakrie Alami Penyakit Serius yang Ganggu Penglihatan

"Awalnya sih tahun 2014 akhir, ada teman dari Padang ke kampus, ngobrol-ngobrol, dia bawa sampel kopi lokal di sana, lalu diracik sendiri pakai alat seadanya, waktu itu dia pakai kain, dalam hati saya unik juga sih, mulai dari situ tertarik," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di kedai kopi JTB Coffee miliknya di Jalan Sojar, Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/3/2021).

Dari situ, Tri Utomo Rubiyanto yang pada saat itu tengah mengerjakan skripsi mencoba mencari tahu lebih dalam soal kopi lokal yang ditanam di kaki Gunung Ciremai.

Hal ini awalnya sejalan dengan tema skripsi yang ia kerjakan, yakni soal kopi.

Bersama rekan-rekannya ia lalu blusukan ke sejumlah kebun kopi yang berada di wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved