Breaking News:

Jembatan Penghubung di Kuningan Terputus

BPBD Bareng TNI - Polri Dibantu Warga Gotong Royong Membuat Jalan Darurat Setelah Jembatan Ambruk

kejadian alam selama terjadi musim sekarang, tidak ada hanya jembatan penghubung desa di Kecamatan Cimahi ambruk.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
PEtugas BPBD Kuningan, TNI Polri, dan warga melakukan gotong royong dalam pembuatan jalan dengan menggunakan kayu yang tersusun sebagai akses alternatif. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Pascaembatan ambruk sebagai penghubung Desa Sukajaya - Mulyajaya di Kecamatan Cimahi, Kuningan, Jawa Barat, petugas BPBD Kuningan, TNI Polri, dan warga melakukan gotong royong dalam pembuatan jalan dengan menggunakan kayu yang tersusun sebagai akses alternatif.

"Pembuatan jalan alternatif ini sebagi akses untuk keluar masuk warga Desa Sukajaya, agar tidak terisolasi dari kegiatan bisanya," ungkap Plt Kepala BPBD Kuningan Indra saat dihubungi, Rabu (24/3/2021).

Indra menyebut kejadian alam selama terjadi musim sekarang, tidak ada hanya jembatan penghubung desa di Kecamatan Cimahi ambruk.

"Ada kejadian lain selain jembatan ambruk. Seperti longsor yang menutup jalan di Kecamatan Ciniru namun sudah tertangani," ungkapnya. 

Mengenai ambruknya jembatan itu, kata dia,  hal itu sudah masuk dalam pelaporan untik5 segera di tindakalanjut oleh SKPD bersangkutan. "Pendataan sudah kami lakukan, tinggal tim kaji dari dinas terkait untuk melakukan upaya perencanaan dan pembangunan berikutnya," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, sebuah jembatan penghubung antara Desa Sukajaya - Mulyajaya, Kabupaten Kuningan terputus.

Hal itu terjadi akibat curah hujan terjadi dan arus sungai mengikis bangunan pondasi jembatan tersebut.

Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi membenarkan adanya jembatan putus dan beberapa ruas jalan di Desa Gunung Karung, Kecamatan Luragung ambruk alias ambles.

Baca juga: BOCORAN Spesifikasi iPhone 13, Dikabarkan Meluncur Tahun 2021

"Jembatan Desa Jalan Sukajaya ke Desa Mulyajaya, Cikeusal, Kecamatan Cimahi, ambruk juga amblesnya Jalan Desa Gunungkarung ke arah Desa Benda Kecamatan Luragung," ungkap Tedi kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Sebelum terjadi jembatan di Sukajaya itu sudah masuk dalam bahan kajian kerja. Apalagi dalam beberapa waktu sudah mengetahui dan melakukan survei.

"Sebelum jembatan putus, Kami sudah pasang rambu-rambu agar warga yang melintas berhati-hati, karena telah terjadi longsoran di sekitar jembatan itu sebelumnya," ujarnya.

Akibat terputusnya jalur Desa Sukajaya tersebut membuat warga desa setempat tidak bisa ke luar desa dengan menggunakan kendaraan atau pun jalan kaki.

"Karena jalur tersebut adalah jalur satu-satunya penghubung Desa Sukajaya dengan desa lain," katanya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved