Breaking News:

Boleh Enggak ya Mudik Lebaran Tahun Ini? Belum Ada Kepastian, Baru Akan Diputuskan Menjelang Ramadan

Boleh atau tidaknya mudik Idulfitri baru akan diputuskan pemerintah beberapa hari sebelum Ramadan.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Kendaraan para pemudik yang melintasi Jalur Pantura Indramayu, Kamis (31/5/2020). 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Pemerintah ternyata masih belum memutuskan soal boleh atau tidaknya masyarakat mudik Idulfitri.

Boleh atau tidaknya mudik Idulfitri baru akan diputuskan pemerintah beberapa hari sebelum Ramadan.

"Mudik Lebaran itu belum kita putuskan. Nanti, saya kira, tidak lama lagi menjelang Puasa, itu nanti akan ada keputusan. Nanti dilakukan rapat kabinet," kata Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat Kunjungan Kerja ke Lampung, Senin (22/3/2021).

Pernyataan Wapres sekaligus mementahkan penyataan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Sebelumnya, Budi menegaskan, pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021.

Pemerintah, ujar Ma'ruf, pada prinsipnya akan mempertimbangkan dampak dari mudik Lebaran yang dilakukan ketika pandemi Covid-19 masih terjadi.

"Kalau dibolehkan dan kalau dilarang dampaknya bagaimana pada peningkatan penularan. Saya kira akan ada perhitungan-perhitungan. Kalau dampaknya akan besar, pasti akan dilarang. Kalau memang bisa diminimalisasi tentu ada caranya, tapi putusannya nanti saya kira, yang terbaik," ujar Wapres.

Baca juga: Kapten Persib Bandung Absen di Piala Menpora, Ini Penjelasan Robert Alberts

Ma'ruf mengatakan, pemerintah sangat menyadari bahwa masyarakat Indonesia memiliki tradisi mudik. Akan tetapi ada hal yang dipertimbangkan.

"Ada bahaya yang kita hadapi kalau itu kita buka. Karena itu, nanti pertimbangannya seperti apa, nanti dilakukan rapat kabinet, barangkali itu," ujarnya.

Menteri Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah melakukan diskusi dengan 20 pemangku kepentingan.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan hingga Pertamina terkait persiapan mudik Lebaran 2021," kata Budi.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved