Breaking News:

Lubang Hidung Kang Emil Mungkin Besar Sedikit karena Sudah Hampir 20 Kali Swab Test

Kang Emil mengatakan jika dihitung, nyaris 20 kali dirinya menjalani swab selama ini.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai menjalani penyuntikan sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (28/8). Lubang Hidung Kang Emil Mungkin Besar Sedikit karena Sudah Hampir 20 Kali Swab Test 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Perubahan fisik menjadi lebih bugar dan sehat dialami oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil selama setahun pandemi Covid-19 dan selama menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19.

Hal ini disebabkan dirinya lebih rutin berolah raga, menjaga asupan makanan dan minuman, sampai menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan dirinya pun rutin menjalani tes Covid-19 secara swab atau melalui hidung, baik saat melakukan rapid test maupun PCR.

Kang Emil mengatakan jika dihitung, nyaris 20 kali dirinya menjalani swab selama ini.

"Saya di-PCR mungkin mendekati 20-an, saat ketemu Pak Jokowi, Pak Wapres, menteri juga. Jadi kalau melihat hidung saya yang kanan lebih gede sedikit, mungkin terlalu banyak swab mengorek-ngorek hidung saya," kata Kang Emil seusai menjalani kunjungan kelima sebagai relawan vaksin di Puskesmas Garuda Kota Bandung, Senin (22/3).

Baca juga: Luna Maya Ketahuan Pandangi Ariel NOAH dari Kejauhan hingga Salah Tingkah Direkam Ruben Onsu

Baca juga: Aduh Bu Kades Kepergok Berduaan Tanpa Busana dengan Anak Buah oleh Suaminya Sendiri, Ini Kisahnya

Selain menjalani tes rutin setiap kegiatan, katanya, selama menjadi relawan dirinya pun menjadi lebih sehat dan bugar karena diharuskan menjaga kondisi tubuh.

"Selama Covid-19 ini badan saya lebih sehat ya karena ternyata dipaksa rajin olahraga tiap hari. Saya badminton, berenang, kemudian makan dijaga, protokol juga sangat ketat, kalau ke Pakuan contohnya kan harus dites," katanya.

Akhirnya, selama setahun ini dirinya belum merasa sakit atau demam sesikitpun, walaupun menjadi relawan vaksin Covid-19.

"Sambil kita divaksin, kita juga olahraga. Tadi Profesor Kusnandi bilang kebahagiaan itu harus dicari ya, tetap pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan," katanya.

Halaman
12
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved