Breaking News:

Piala Menpora 2021

Mantan Pemain Persib Bandung Ini Senang Bisa Latihan dengan Tim Lokal di Bandung

hasil dari pertandingan kemarin tidak begitu penting. Sebab, yang sedang dicari timnya adalah progres fisik pemain

Instagram/Kim Kurniawan
Kim Jeffrey Kurniawan, pemain PSS Sleman. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Pemain anyar PS Sleman, Kim Jeffrey Kuniawan akhirnya dapat merasakan atmosfer pertandingan meski hanya ujicoba melawan tim lokal Bandung. 

PS Sleman menggelar ujicoba melawan tim lokal Bandung kemarin. Pertandingan tersebut berhir 1-0 untuk kemenangan Sleman. 
Bagi Kim, hasil dari pertandingan kemarin tidak begitu penting. Sebab, yang sedang dicari timnya adalah progres fisik pemain dan adaptasi setelah lama tidak merasakan pertandingan. 
"Sebenarnya kita tidak melihat hasil tapi untuk adaptasi, akhirnya adalah ada pertandingan, sudah hampir satu tahun itu yang kita cari," ujar Kim, seusai latihan kemarin. 
Proses adaptasinya, kata dia, berjalan lancar setelah hampir satu minggu menggelar latihan dengan program fisik dan stamina. 
"Ya, sekalian kita menguji diri masing-masing sudah sejauh mana, walaupun tadi kita bermain 45 min atau sebagian besar 40 min," katanya. 
Mantan pemain Persib Bandung ini pun optimistis timnya mampu bersaing di Piala Menpora melawan tim Grup C seperti Madura United, Persela Lamongan, Persebaya dan Persik Kediri. 
"Cukup optimistis kalau dari saya untuk menatap ke depan, karena ini kan bisa dibilang uji coba terakhir sebelum kita ada kick off di hari Selasa nanti," ucapnya.
"Tinggal kita memperbaiki kekurangan-kekurangan yang tentu masih ada. Tapi, saya optimistis dan positif bahwa ini adalah langkah yang bagus untuk ke depan," tambahnya. 
Kim Jeffrey Kurniawan tidak mengalami kendala apapun bersama tim barunya di PS Sleman. 
Mantan pemain Persib Bandung ini tidak merasa canggung saat berkomunikasi dengan pemain lain di lapangan. 
"Komunikasi di lapangan lancar sekali karena saya juga tipe orang yang sangat vokal ketika di lapangan dan chemistery juga sudah dapat," ujar Kim, seusai latihan, kemarin. 
Menurut Kim, jika chemisterynya sudah terbangun maka proses untuk mengenal karakter bermain saat pertandingan akan lebih mudah. 
"Tapi tentunya kita masih perlu adapatasi karena ini pertama kali kita main. Saya dan teman-teman masih membaca karakter masing-masing," katanya. 
Apalagi, kata Kim, sebagai gelandang sangat penting mengetahui karakter bermain rekan satu timnya. 
"Saya sebagai gelandang harus bisa membaca juga, teman saya yang baru ini mau dapat bola ke mana," ucapnya. 
"Komunikasi dan chemistery sudah bagus apalagi di belakang saya sudah ada Fabiano yang sudah terbiasa dengan saya, lalu ada Irfan juga," tambahnya. 
Mantan pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan merasa beruntung bergabung dengan PS Sleman. 
Dikatakan Kim, meski sudah tidak berkostum Maung Bandung, namun Ia tetap dapat menjalani latihan dan pertandingan di Kota Bandung. 
"Buat saya sangat menguntungkan, saya pindah club lalu adapatasi di lingkungan baru, teman-teman baru, staf baru, tapi saya bisa lakukan ini di lingkungan saya di Bandung. Jadi buat saya itu sangat menguntungkan karena dilakukannya di kota saya," ujar Kim, seusai latihan, kemarin. 

Ia pun merasa antusias bakal menjalani pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, saat Piala Menpora nanti, meski tidak bersama Persib Bandung. 
"Apalagi nanti kita main di stadion Jalak Harupat. Saya kenal stadion si Jalak Harupat seperti kamar tidur saya sendiri. Jadi, saya senang dan bahagia bermain dengan PS Sleman di Bandung," katanya. 
Di Piala Menpora nanti, ujar Kim, timnya memang tidak memiliki target juara. Hanya saja, Ia tetap tak ingin timnya kalah dalam pertandingan. 
"Setiap pertandingan, walaupun itu uji coba atau turnamen pramusim tetap saya ingin menang. Walau tidak ada target resminya, tapi bagi saya kalau pribadi tentunya ingin membantu tim, ingin menang juga. Jadi mudah-mudahan kita bisa dapat hasil yang maksimal di setiap pertandingan," ucapnya. 
Sleman sendiri tergabung dalam Grup C bersama Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Madura United dan Persela Lamongan. 

 

Kapten PS Sleman, Bagus Nirwanto mengaku sudah siap menghadapi turnamen pramusim Piala Menpora pekan ini. 

Materi latihan fisik yang sudah berjalan selama enam hari dinilai efektif bagi perkembangan kondisi fisik Bagus dan rekan satu timnya.

"Kalau dari saya sendiri untuk menghadapi Piala Menpora kondisi sudah 99 persen kayaknya. Tapi memang masih ada kekurangan di sana dan kita perbaiki,” ujar Bagus Nirwanto seusai latihan, Sabtu (20/03/21) di Bandung.

Sebelumnya, Jumat 19 Maret 2021 PSS baru saja menggelar laga uji tanding melawan Ebod Jaya FC. Pada laga itu Bagus bersama rekan satu timnya berhasil menang tipis 1-0. Bagus menilai, dari pertandingan kemarin masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki oleh timnya. 

"Dari hasil uji coba kemarin, kalau komunikasi memang kita sudah jalan tapi belum maksimal. Karena memang kita baru pertama kali uji coba, jadi belum tahu karakter satu sama lainnya," katanya.

Menurut Bagus, sangat penting bagi para pemain untuk mengenal karakter satu sama lain. Sayangnya, persiapan Piala Menpora berlangsung sangat singkat. Meski begitu, sebagai kapten, Bagus pun tetap berusaha supaya rekan-rekannya dapat cepat berbaur di dalam maupun luar lapangan.

"Pemain kita sih selalu bercanda di luar lapangan, ini memudahkan untuk berbaur. Tapi di dalam lapangan juga ada bercanda, meski lebih banyak seriusnya. Tentu sambil mengikuti porsi latihan biar makin klop," katanya.

Bicara soal target, Bagus mengaku ingin bermain dengan maksimal. Utamanya dapat membawa tropi Piala Menpora ke Bumi Sembada.

"Target di Piala Menpora pasti juara dan bisa membawa piala ke Sleman," ucapnya. 

 

 

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved